Ditolak Warga, Proyek TPSS Puncak Bucu Bantul Tetap Berjalan

Pembangunan TPSS Puncak Bucu keinginan dari Gubernur DIY

Bantul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bantul memastikan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Puncak Bucu, Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan terus berjalan meski warga menolak.

Penolakan dilakukan oleh warga Padukuhan Banyakan 1, Banyakan 2, dan Banyakan 3, serta Padukuhan Pagergunung 1, dan 2 yang berada di Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan. Mereka tinggal di lokasi yang berbatasan langsung dengan Kalurahan Srimulyo, atau tak jauh dari TPSS Puncak Bucu.

1. DLH Bantul siapkan lahan untuk TPSS Puncak Bucu

Ditolak Warga, Proyek TPSS Puncak Bucu Bantul Tetap BerjalanPanewu Piyungan Muhammad Baried.(IDN Times/Daruwaskita)

Panewu Piyungan Muhammad Baried mengatakan, persiapan lokasi Puncak Bucu untuk dijadikan TPSS telah dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan menaburkan mulsa agar lindi tidak mencemari lingkungan sekitar pembuangan sampah.

"Program TPSS Puncak Bucu tetap jalan. Ke depan DLH mengantisipasi agar dampak TPSS Puncak Bucu tidak berdampak pada warga di Padukuhan Banyakan 1 hingga Padukuhan Banyakan 3 yang berbatasan langsung dengan Puncak Bucu," tuturnya, Selasa (9/7/2024).

2. DLH Bantul diminta meminimalisir dampak TPSS Puncak Bucu

Ditolak Warga, Proyek TPSS Puncak Bucu Bantul Tetap BerjalanIlustrasi pembuangan sampah. (Dok. Istimewa)

Menurutnya, Pemkab Bantul sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Srimulyo terkait rencana pembangunan TPSS Puncak Bucu. "Saya minta DLH Bantul untuk meminimalisir dampak adanya TPSS di Puncak Bucu," tuturnya.

Lebih lanjut Baried menambahkan, akses jalan truk sampah bakal melewati Srimulyo bukannya Sitimulyo, sedangkan akses truk sampah keluar melalui Jalan Bawuran.

Baca Juga: Viral, Truk Ugal-Ugalan di Kawasan Jembatan Kretek II Bantul

3. Gubenur DIY minta Puncak Bucu dijadikan TPSS pembuangan sampah Kota Yogyakarta

Ditolak Warga, Proyek TPSS Puncak Bucu Bantul Tetap BerjalanGubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

TPSS Puncak Bucu sebelumnya dimanfaatkan oleh Pemerintah Kalurahan Srimulyo sebagai tempat penampungan sampah dari warga sekitar. Saat ini Gubernur DIY meminta wilayah tersebut menjadi tempat untuk menampung sampah dari Kota Yogyakarta.snya.

Baca Juga: Libur Sekolah dan Suro Dongkrak Jumlah Wisatawan ke Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya