Dispar Bantul Khawatir Klitih Turunkan Minat Wisatawan Berwisata 

Faktor kenyamanan dan keamanan penting bagi wisatawan

Bantul, IDN Times - ‎Maraknya kejadian kejahatan jalan hingga tawuran pelajar di wilayah Kabupaten Bantul, dikhawatirkan akan berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan di Bumi Projotamansari.  

1. Jumlah kunjungan wisatawan ditakutkan berkurang

Dispar Bantul Khawatir Klitih Turunkan Minat Wisatawan Berwisata Pengunjung Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan perlu dilakukan penanganan serius dari semua pihak agar kejahatan jalan tidak terulang kembali. 

"Kalau sekarang belum terasa dampak penurunan jumlah wisatawan, belum ada grafik penurunan jumlah wisatawan ke Bantul," ujarnya, Selasa (12/4/2022).

2. Faktor kenyamanan dan keamanan penting bagi wisatawan

Dispar Bantul Khawatir Klitih Turunkan Minat Wisatawan Berwisata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya yang harus dijaga adalah kenyamanan dan keamanan wisatawan. Jika dua hal tersebut tidak ada jaminannya wisatawan akan berpikir ulang untuk datang ke Bantul.

"Jadi ini tidak hanya masalah kejahatan jalanan dengan pariwisata saja, namun harus segera diantisipasi lebih baik dari pada menunggu kejadian baru bertindak," ucapnya.

Pihaknya siap untuk turut serta menekan angka kejahatan jalan dengan berkoordinasi dengan aparat kepolisian membentuk tim pengamanan tingkat lokal. 

"Bisa saja dimulai menjaga kondisi area wisata khususnya community based tourism (CBT) atau desa wisata dengan tidak ada minuman keras," katanya.

"Kami juga melakukan sosialisasi dengan pengelola wisata jika mengetahui tindak kejahatan jalanan nantinya bisa menghubungi pihak terkait," imbuh Kwintarto.

Baca Juga: 5 Pelaku Kejahatan Jalanan yang Tewaskan Daffa Ditangkap

3. Semua pihak harus bersatu lawan kejahatan jalanan dan tawuran pelajar

Dispar Bantul Khawatir Klitih Turunkan Minat Wisatawan Berwisata KetuKetua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis. IDN Times/ Humas dan Hukum DPRD Bantul

Ketua Komisi B, Wildan Nafis tak membantah maraknya kejahatan jalanan akan mencoreng citra pariwisata, ditambah adanya korban meninggal dunia. "Pasti akan berdampak pada kunjungan wisatawan jika kejahatan jalanan dan tawuran pelajar tidak ditangani secara serius," katanya.

Politisi PAN ini berharap aparat kepolisian lebih menggencarkan patroli, deteksi dini potensi kejahatan jalan. Di sisi lain peran masyarakat dan orangtua terutama yang memiliki remaja laki-laki lebih mengawasi pergaulan anaknya.

"Ini jadi tanggung jawab kita bersama, bukan kepolisian semata namun semua pihak harus saling bahu membahu untuk mencegah terjadinya kejahatan jalanan," tuturnya.

Baca Juga: Gegara Klitih, Lagi-lagi Jogja Trending Topic Twitter  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya