Comscore Tracker

Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diduga Diserang Hewan Buas

Peternak diminta membuat kandang kambing model panggung

Gunungkidul, IDN Times - ‎Selama kurun waktu lima hari, belasan kambing milik peternak di Kalurahan Girimulyo, Kapanewon Panggang mati. Warga menduga kejadian tersebut disebabkan serangan anjing liar. Kejadian tersebut terjadi sejak Kamis (22/9/2022) hingga Senin (26/9/2022). 

"Sudah ada 15 ekor kambing milik warga yang mati diserang hewan buas," kata Luruh Girimulyo, Sunu Raharjo, Kamis (29/9/2022).

1. Serangan kambing diawali dengan suara lolongan anjing ‎

Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diduga Diserang Hewan BuasIlustrasi domba. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Menurut Sunu, sebelum kambing ditemukan mati akan diawali suara lolongan anjing.  Setelah itu warga menemukan kambing mati di kandang. "Kamis malam pekan yang lalu ada gonggongan anjing dan warga melihat kambing mati," ungkapnya.

Usai serangan pertama, warga langsung melakukan ronda malam untuk mengantisipasi serangan hewan buas. Selain itu warga juga memberikan racun pada daging kambing yang tersisa. Ada warga yang melihat anjing ditembak mati, namun serangan masih terus terjadi.

"Kejadian serupa juga pernah terjadi tahun yang lalu. Namun saat itu hewan buas hanya mengisap darah kambing, namun kali ini juga memakan dagingnya," terangngnya.

Sunu menjelaskan serangan pada kambing terjadi karena kandang jauh dari pemukiman penduduk. Saat ini warga memilih membawa ternak ke dekat rumah. "Solusinya ya ronda malam dan mendekatkan kandang ke kambing ke rumah," katanya.

2. Hewan buas yang menyerang kambing diduga anjing liar‎

Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diduga Diserang Hewan BuasTernak kambing milik warga Gunungkidul mati diserang hewan misterius. (dok. istimewa)

Kapolsek Panggang, AKP Ahmad Fauzi mengatakan berdasarkan pemeriksaan kambing yang mati diduga diserang oleh anjing liar. "Kambing yang mati itu dimakan anjing liar dan hanya dimakan organ bagian dalamnya," ujarnya.

Untuk mengantisipasi serangan anjing liar warga atau pemilik ternak diminta melakukan ronda malam.

Baca Juga: SAR Gunungkidul Keluhkan Wisatawan Tak Peduli Peringatan Bahaya     

3. Peternak diminta membuat kandang kambing model panggung

Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diduga Diserang Hewan BuasIlustrasi kandang kambing jauh dari pemukiman. Dok Humas Polres Wonogiri

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Gunungkidul, Wibawanti Wulandari mengatakan pihaknya menghimbau peternak membuat kandang kambing dengan model panggung. 

Pihaknya juga meminta peternak untuk meningkatkan keamanan. Apalagi biasanya kandang kambing terletak jauh dari pemukiman. 

"Anjuran dari kita adalah dari sisi teknisnya dengan pembuatan kandang panggung untuk meminimalkan jangkauan serangan hewan liar," ungkapnya.‎

Baca Juga: Prihatin, Honor Guru PAUD Gunungkidul Rp100 Ribu per Bulan 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya