Bantul Belum Terima Surat Resmi Pelonggaran Aturan Masker  

Selenggarakan keramaian harus kantongi izin kepolisian

Bantul, IDN Times - ‎Pemkab Bantul mengharuskan warga mengajukan izin keramaian saat menggelar sebuah acara. Walau pemerintah telah melonggarkan aturan, namun gelaran acara harus mendapatkan izin dari kepolisian. 

"Kami tetap memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menggelar sebuah acara. Namun demikian untuk mengurus izin keramaian sudah kembali ke aturan yang lama yakni di Polsek setempat atau di Polres Bantul," kata Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, Kamis (26/5/2022).

1. Jumlah penonton harus ada pembatasan

Bantul Belum Terima Surat Resmi Pelonggaran Aturan Masker  Gerakan cuci tangan BPJAMSOSTEK (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Tak hanya mengantongi izin, acara jumlah penonton harus dibatasi dan tetap menggunakan masker. 

"Jika menggelar suatu kegiatan, jumlah penonton harus dibatasi, dan tetap menggunakan masker. Kegiatan itu harus terorganisir dengan baik serta tercatat di wilayahnya masing-masing," ujar Joko.

2. Berharap peningkatan ekonomi di Bantul

Bantul Belum Terima Surat Resmi Pelonggaran Aturan Masker  TPR Induk Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslim berharap kelonggaran aturan masker di tempat umum diharapkan dapat meningkatkan perekonomian wilayahnya. 

"Jadi semakin dilonggarkan maka kegiatan ekonomi semakin tajam. Kalau semakin diketatkan maka geliat ekonomi juga melambat," tambahnya lagi.

Baca Juga: Pak RT di Bantul Olah Sampah Plastik Jadi Minyak Tanah‎

3. Pemkab Bantul belum menerima surat resmi terkait pelonggaran aturan pemakaian masker

Bantul Belum Terima Surat Resmi Pelonggaran Aturan Masker  Ilustrasi memakaikan masker pada anak (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Pemkab Bantul saat ini masih menunggu surat resmi terkait kebijakan penggunaan masker di ruang terbuka. Halim mengatakan belum ada surat resmi tentang pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka meski Presiden Jokowi sudah mengumumkannya beberapa waktu lalu.

"Ya kita ikuti saja imbauan dari pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo. Kita juga masih menunggu aturan detailnya yang dikeluarkan oleh Mendagri terkait kelonggaran-kelonggaran yang diberikan pemerintah pusat," katanya.‎

Baca Juga: Borneo FC Latihan di Jogja, Jajal Kekuatan Tim Liga 1 dan Lokal   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya