Comscore Tracker

Awal Ramadan, Pemkab Bantul Berikan Bantuan Sembako 

Bantuan hanya untuk warga terdampak COVID-19

Bantul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bantul dipastikan akan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak COVID-19 secara bertahap. Bantuan akan diberikan mulai tanggal 23 April 2020 atau bersamaan dengan hari pertama puasa.

Baca Juga: Pemda DIY Siapkan Rp9 Miliar untuk Uang Insentif Tenaga Medis  

1. Tanggal 23 April pembagian sembako dilakukan secara bertahap‎

Awal Ramadan, Pemkab Bantul Berikan Bantuan Sembako Ilustrasi sembako (IDN Times/Daruwaskita)

Bupati Bantul Suharsono mengatakan mulai hari ini Senin (20/4) dan Selasa (21/4) droping sembako akan dilakukan ke rumah dinas Sekda Bantul, yang akan difungsikan sementara sebagai gudang sembako. 

"Saya sudah perintahkan kepada Sekda untuk segera memberikan bantuan sembako dan disanggupi pada tanggal 23 April sembako akan dibagikan secara bertahap," ujarnya, Senin (20/4).

2. Penerima warga terdampak COVID-19

Awal Ramadan, Pemkab Bantul Berikan Bantuan Sembako Google

Pensiunan perwira menengah Polda Banten ini menjelaskan, sembako akan diberikan kepada warga terdampak COVID-19, bukan untuk warga miskin yang sudah mendapatkan program pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat.

"Basis datanya warga yang terdampak COVID-19 seperti warga yang terkena PHK, kemudian dirumahkan hingga keluarga yang menjalani isolasi mandiri di rumah,"j elasnya.

Meski tak merinci jumlah warga yang akan mendapatkan sembako. Suharsono memastikan tidak akan ada warga yang mendapatkan dobel bantuan dari pemerintah.

"Nanti bantuan dari Pemda DIY dan Pemkab Bantul punya sasaran sendiri-sendiri sehingga tidak akan tumpang tindih bantuan yang berdampak adanya kecemburuan sosial di masyarakat," ungkapnya.

"Yang teknis tentang jumlah warga yang mendapatkan sembako datanya ada di Pak Sekda yang juga Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Infeksi COVID-19,"tambah Suharsono.

3. Mengajak umat muslim banyak bersedekah saat bulan puasa untuk meringankan warga terdampak COVID-19‎

Awal Ramadan, Pemkab Bantul Berikan Bantuan Sembako Unsplash/Bayu

Menjelang bulan puasa, Suharsono berharap umat muslim untuk lebih banyak bersedekah guna meringankan beban warga terdampak COVID-19. Solidaritas, kebersamaan dan gotong-royong menjadi kunci utama dalam penanggulangan COVID-19.

"Ramadan bulan yang suci dan momentum yang tepat bagi umat muslim untuk membantu saudaranya yang sedang tertimpa musibah," terangnya.‎

Baca Juga: Bupati Bantul Akan Keluarkan Instruksi Salat Tarawih di Rumah

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya