Awal Ramadan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 65 Persen

Wisatawan akan kembali ramai jelang libur Lebaran

Bantul, IDN Times - Kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul pada akhir pekan kemarin (1-3/4/2022) menurun hingga 65 persen. Pasalnya, hari tersebut bertepatan dengan awal Ramadan di mana umat muslim mulai menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Mau Pulang Kampung, Ayo Booster Dulu di Puskesmas Bambanglipuro Bantul

1. Kunjungan wisatawan saat akhir pekan turun 65 persen

Awal Ramadan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 65 PersenKepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (dok. istimewa)

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan pada akhir pekan tanggal 1-3 April 2022 sebanyak 12.798 orang. Sedangkan kunjungan pada akhir pekan sebelumnya (25-27 Maret 2022) mencapai 37.450 orang atau menurun hingga 65 persen.

"Sudah kita prediksi sebelumnya saat bulan puasa kunjungan wisatawan akan turun drastis karena bertepatan dengan bulan Ramadan," katanya, Senin (4/4/2022).‎

3. Jumlah kunjungan selama sepekan turun hingga 40 persen

Awal Ramadan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 65 PersenIlustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sementara, untuk data kunjungan selama satu pekan (28 Maret--3 April 2022) mencapai 29.795 orang dengan total pendapatan mencapai Rp289 juta. Sedangkan kunjungan pekan sebelumnya (21--27 Maret) mencapai 49.464 orang dengan total pendapatan mencapai Rp 480 juta.

"Untuk kunjungan dalam hitungan satu pekan ada penurunan kunjungan wisatawan mencapai 40 persen," tutur pria yang akrab di sapa Ipung ini.

Lebih lanjut, kata dia, kunjungan wisatawan satu pekan jelang Ramadan terbanyak saat tradisi padusan sebelum bulan Ramadan, yakni pada Jumat (1/4/2022) yang mencapai 4.741 orang.

"Dominasi kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis," ujarnya.

3. Kunjungan diprediksi meningkat dua pekan sebelum Lebaran

Awal Ramadan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 65 PersenIlustrasi larangan mandi di daerah tang terdapat palungnya di Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh, Ipung mengatakan kunjungan wisatawan diprediksi akan meningkat dua pekan sebelum libur Lebaran. Hal ini mengingat sudah banyak warga yang mudik ke kampung halaman dan menyempatkan diri untuk berkunjung ke objek wisata sembari ngabuburit menunggu berbuka puasa.

"Wisatawan akan mengunjungi objek wisata pantai yang ada kulinernya seperti Pantai Depok, Pantai Goa Cemara hingga Pantai Baru," tuturnya.‎

Baca Juga: Selama Ramadan, Vaksinasi COVID-19 di Bantul Tetap Jalan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya