Asyik, Mulai Besok Trans Jogja Layani Rute Palbapang - Malioboro  

Layanan Trans Jogja dimulai pukul 05.30 - 19.00 WIB

Bantul, IDN Times - ‎Warga di Kabupaten Bantul bagian selatan kini tak perlu repot untuk pergi ke pusat Kota Yogyakarta, Malioboro. Mulai besok, Selasa yaitu 1 November 2022 , Bus Trans Jogja akan pelayanan rute Palbapang - Malioboro - Palbapang. Sebanyak delapan buah armada bus akan melayani dari padi hingga malam hari. 

1. Alasan dibuka rute Palbapang-Malioboro‎

Asyik, Mulai Besok Trans Jogja Layani Rute Palbapang - Malioboro  Bus Trans Jogja. (Instagram/Trans Jogja Official)

Kepala Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ni Made Dwipati Indrayanti mengatakan kepadatan jalan raya di Kota Yogyakarta sangat dirasakan. Di sisi lain semakin banyaknya kendaraan pribadi akan berdampak pada ketertiban lalu lintas hingga memunculkan parkir liar serta keberadaan infrastruktur jalan yang tak lagi seimbang dengan jumlah kendaraan.

"Untuk menekan melonjaknya kendaraan pribadi, parkir liar hingga volume jalan yang tak seimbang dengan jumlah kendaraan pribadi maka kita membuka jalur bus Trans Jogja rute Palbapang-Malioboro," ujarnya, Senin (31/10/2022).

2. Jalur Palbapang-Malioboro sudah didesain beberapa tahun yang lalu ‎

Asyik, Mulai Besok Trans Jogja Layani Rute Palbapang - Malioboro  Terminal Palbapang Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya jalur Palbapang-Malioboro sudah didesain beberapa tahun lalu dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Bantul. "Pembukaan rute baru ini bertepatan dengan evaluasi dari pemerintah pusat khususnya dari Kemenhub untuk re-routing jalur teman bus yang kurang laku atau okupansinya tidak bagus," ucapnya.

"Tujuan pemindahan ini tidak hanya untuk meningkatkan jumlah penumpang namun juga untuk meningkatkan headway atau jeda waktu antar bus," imbuh Ni Made. 

Bus Trans Jogja sendiri merupakan transportasi darat yang cukup nyaman yakni dapat mengangkut banyak orang, dilengkapi dengan AC, berkapasitas 41 penumpang terdiri 22 tempat duduk dan 19 penumpang berdiri. Serta dilengkapi dengan pintu keluar darurat, alat pemecah kaca jika dalam kondisi darurat dan apabila terjadi kejahatan di dalam bus.

"Jadi layanan Trans Jogja tidak hanya Kota Jogja dan Sleman namun juga Bantul. Ini juga sejalan dengan visi misi Gubernur DIY untuk mengembangkan wilayah selatan," tuturnya.

Baca Juga: Imbas BBM Naik, Jam Operasional Trans Jogja Akan Dikurangi

3. Tarif untuk pelajar hanya Rp60‎

Asyik, Mulai Besok Trans Jogja Layani Rute Palbapang - Malioboro  Bus Trans Jogja sedang berhenti di parkir Bandara Adi Sucipto. Instagram/trans.jogja

Keberadaan rute Trans Jogja, Palbapang-Malioboro ini juga mengkoneksikan atau melengkapi jalur yang telah ada yakni Palbapang- Bandara YIA Kulon Progo yang dilayani oleh kendaraan Hiace milik Damri.

"Akan ada delapan armada bus Trans Jogja yang akan melayani rute Palbapang-Malioboro yang layanannya akan dimulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Sedangkan untuk tarifnya Rp3.600 (tunai), berlangganan Rp2.700 dengan kartu non tunai QRI dan tarif pelajar Rp60‎

Baca Juga: 2 Maskapai Luar Negeri Bakal Landing di Bandara YIA Kulon Progo 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya