2023, Rute Bus DAMRI YIA-Palbapang Sampai ke Imogiri

Rute Trans Jogja diharapkan lewat sentra gerabah Kasongan

Bantul, IDN Times - ‎Layanan angkutan umum DAMRI rute YIA-Terminal Palbapang Bantul PP akan diteruskan hingga Terminal Imogiri pada 2023. Hal ini diharapkan mempermudah wisatawan menuju objek wisata di Imogiri dan sekitarnya.

"Kalau tahun ini baru sampai ke Terminal Palbapang namun untuk tahun 2023 mendatang pemberhentian angkutan umum DAMRI hingga Terminal Imogiri," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Rabu (14/12/2022).

1. Berharap rute DAMRI juga melayani hingga kawasan wisata Hutan Pinus di Mangunan

2023, Rute Bus DAMRI YIA-Palbapang Sampai ke ImogiriWisata alam Dlingo, Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Kwintarto, dalam pembicaraan dengan pihak pengelola DAMRI, layanan tidak hanya sampai ke Terminal Imogiri, namun bisa sampai ke kawasan Hutan Pinus Imogiri hingga Patuk, Gunungkidul.

"Harapannya nantinya wisatawan tidak lagi kesulitan untuk mencari transportasi ke kawasan wisata di Dlingo namun dilakukan secara bertahap," ucapnya.

Baca Juga: DPUPKP Bantul Perbaiki 28 Ruas Jalan Kabupaten dan Desa Selama 2022

2. Bantul akan semakin strategis dikunjungi wisatawan‎

2023, Rute Bus DAMRI YIA-Palbapang Sampai ke ImogiriKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.(IDN Times/Daruwaskita)

Dengan komitmen antara Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan DIY dan Kementerian Perhubungan, ke depan keberadaan Bantul ini semakin strategis untuk wisata. Wisatawan yang datang tidak harus datang menggunakan mobil pribadi namun dengan transportasi umum.

"Ini sangat strategis sekali jika jalur DAMRI mulai dari YIA-Terminal Palbapang-Terminal Imogiri-Hutan Pinus turun ke Patuk dan ke Malioboro. Kita sudah diskusi, secara prinsip bisa dipahami namun secara eksekusi dilakukan secara bertahap," ucap Kwintarto.

3. Rute bus Trans Jogja diharapkan juga melalui sentra kerajinan gerabah Kasongan‎

2023, Rute Bus DAMRI YIA-Palbapang Sampai ke ImogiriBus Trans Jogja rute Palbapang Malioboro PP.(IDN Times/Daruwaskita)

Selain itu, rute bus Trans Jogja yang sudah melayani rute melalui Padokan diharapkan nantinya juga meliwati Kasongan yang merupakan daerah sentra kerajinan gerabah yang juga menjadi destinasi wisata di Bantul.

"Tentu rute bus Trans Jogja yang melewati Kasongan akan memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Kasongan," tuturnya.‎

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Jumlah Wisatawan ke Bantul Meningkat

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya