Comscore Tracker

1.400 Pelari Meriahkan Sand Dunes Run 2019 di Gumuk Pasir Parangkusumo

BIG ingin promosikan Gumuk Pasir sebagai destinasi wisata‎

Kota Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak 1.428 pelari bakal memeriahkan Sand Dunes Run 2019 yang akan digelar di kawasan gumuk pasir Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kabupaten Bantul, pada Minggu (27/10).

1. Pelari sebagian besar mendaftar untuk lomba lari jarak 6 kilometer‎

1.400 Pelari Meriahkan Sand Dunes Run 2019 di Gumuk Pasir ParangkusumoIDN Times/Daruwaskita

Ketua Panitia The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019, Ali Nor Hidayat mengatakan hingga hari jumlah pendaftar terbanyak mengikuti lari kategori 6 kilometer dengan jumlah peserta mencapai 1.194 peserta sedangkan peserta untuk lari jarak 10 kilometer sebanyak 234 peserta.

"Ajang Sand Dunes Run menjadi tempat untuk memenuhi kehausan para pecinta olahraga lari sambil mendapatkan bonus wisata alam," katanya dalam acara jumpa pers The Royal Sand Dunes Geospatial Run 2019 di Jogja National Museum, Jumat (25/10).

Baca Juga: Pemda DIY Mulai Menata Kawasan Wisata Gumuk Pasir di Parangkusumo

2. Pelari juga akan melintasi medan berpasir di pinggir pantai

1.400 Pelari Meriahkan Sand Dunes Run 2019 di Gumuk Pasir ParangkusumoIDN Times/Daruwaskita

Sand Dunes Run 2019, kata Ali, merupakan lomba lari yang menghadirkan keunikan lintasan lari dengan rute 80 persen jalan aspal atau semen yang melewati jalan raya Parangtritis dan lorong cemara, sementara sisanya medan berpasir di tepi pantai.

"Ajang ini juga untuk memperkenalkan salah satu objek wisata di Yogyakarta yaitu Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo, Parangtritis yang ternyata merupakan bukit pasir terluas yang ada di Asia Tenggara dan hanya ada 2 dua di dunia yaitu satu di Parangtritis dan 1 lagi di Meksiko," katanya.

3. Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo merupakan fenomena alam yang patut dipromosikan‎

1.400 Pelari Meriahkan Sand Dunes Run 2019 di Gumuk Pasir ParangkusumoIDN Times/Daruwaskita

Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Hasanuddin Zainal Abidin mengatakan Sand Dunes Run 2019 juga merupakan bagian dari perayaan 50 tahun BIG yang sengaja dilaksanakan di Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo, Parangtritis. Gumuk pasir adalah fenomena alam yang unik dan layak untuk dipromosikan.

"Lomba lari menjadi salah satu cara untuk mempromosikan Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo. Pelari juga akan mendapatkan tantangan karena medan untuk lari tidak hanya aspal namun juga pasir pantai sehingga menjadi tantangan tersendiri dan daya tarik lari sambil melihat keindahan pantai," katanya.‎

Baca Juga: Lomba Lari Halang Rintang Bakal Diadakan di Gumuk Pasir Parangkusumo

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You