TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gubernur DIY Mengaku Tak Ada Persiapan Khusus Saat Libur Nataru   

PHRI DIY: belum ada lonjakan reservasi di hotel

Unsplash/Agto Nugroho

Yogyakarta, IDN Times - Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan tak ada persiapan khusus untuk menerima wisatawan yang akan berlibur ke Yogyakarta, bahkan jika nanti terdapat lonjakan karena ribuan wisatawan membatalkan kunjungannya ke Bali dan beralih ke Yogyakarta.    

 

 

Baca Juga: Dinkes Sleman Tak Beri Rekomendasi Kegiatan Dihadiri Banyak Orang 

1. Andalkan pemeriksaan kesehatan di stasiun dan bandara

Suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pihaknya sama sekali tidak mewajibkan wisatawan melakukan tes swab maupun rapid test sebelum masuk ke wilayahnya. Lantaran, pemeriksaan COVID-19 macam demikian telah diterapkan di bandara maupun stasiun.

"Ketentuannya naik pesawat sama naik kereta harus di swab. Kalau tidak melakukan, gak bisa naik. Jadi itu otomatis pasti mereka melakukan pemeriksaan," kata Sultan di Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis (17/12/2020).

2. Percayakan pada pelaku wisata

Gubernur DIY Sri Sultan HB X / Dokumentasi Humas Pemda DIY

Selain itu, Sri Sultan meminta peran aktif para pelaku wisata itu sendiri dalam mencegah timbulnya kasus penularan virus Corona. Selama masa pandemik ini, destinasi wisata serta perhotelan telah diberikan izin operasi dengan catatan bersedia memberlakukan aturan-aturan baru berdasarkan protokol kesehatan.

"Kalau memang ada yang positif kan saya tutup. Hotel kan saya tutup juga. Jadi, saya hanya ingin membangun bahwa masyarakat itu punya kesadaran sendiri. Jangan kita yang merasa kuasa itu ngomong gitu terus (disiplin prokes) tapi masyarakatnya gak pernah mau menyadari," paparnya.

Di satu sisi, Sultan berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan kian menguat. Apalagi, sudah sembilan bulan lebih hidup di tengah masa pandemi COVID-19.

Baca Juga: Undang Kerumunan, Pemkot Yogyakarta Tak Izinkan Perayaan Tahun Baru

Berita Terkini Lainnya