TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unik, Pemanjat Tebing Cilik Kibarkan Bendera dengan Teknik Rappelling

Ada yang masih berusia 5 tahun, lho!

Pemanjat cilik kibarkan bendera dalam rangka HUT ke 75 Kemerdekaan RI. IDN Times/Siti Umaiyah

Sleman, IDN Times - Puluhan pemanjat tebing anak yang tergabung dalam Jogjakarta Climbing Club (JCC) melakukan upacara bendera dengan cara menuruni tebing dengan tali atau teknik rappelling, Senin (17/8/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini dilakukan di Jembatan Babarsari, Sleman, DI Yogyakarta.

Baca Juga: Rayakan HUT Kemerdekaan, Guru dan Staf SMK Pundong Lomba Usir Corona

1. 30 anak bergantian turuni tebing

Pemanjat cilik kibarkan bendera dalam rangka HUT ke 75 Kemerdekaan RI. IDN Times/Siti Umaiyah

Evi Nelawati, Pelatih JCC menjelaskan, setidaknya ada 30 anak dari umur 5-16 tahun yang secara bergantian melakukan rappelling dari jembatan setinggi 15 meter. Di puncak acara, tiga orang anak berusia 11 dan 12 tahun melakukan rappelling sambil membentangkan Bendera Merah Putih berukuran 5×3 meter.

"Kita lakukan persiapan dadakan, 2 hari lalu. Kalau untuk rappelling anak-anak sudah terbiasa karena setiap minggunya kita juga sering latihan," ungkapnya pada Senin (17/8/2020).

2. Tanamkan nasionalisme sejak dini

Pemanjat cilik kibarkan bendera dalam rangka HUT ke 75 Kemerdekaan RI. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Evi, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini tidak lain untuk menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini ke anak-anak. Selain itu, berhubung saat ini anak-anak yang tidak ada kegiatan upacara di sekolah seperti tahun sebelumnya, maka untuk mengisi waktu dibuatlah kegiatan ini.

"Tujuan biar anak-anak bisa lebih memaknai momen 17-an. Saat kan berhubung sekolah virtual dan anak-anak tidak lagi melakukan upacara seperti tahun sebelumnya, maka dibuat acara ini," terangnya.

Baca Juga: Keluarga Eks Napi Terorisme Ikuti Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI

Berita Terkini Lainnya