TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tahun 2019, Penderita DBD di Sleman Meningkat Jadi 626 Kasus 

Sudah ada satu penderita yang meninggal

IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sleman, IDN Times - Sampai dengan bulan November 2019, sudah ada 626 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sleman. Angka tersebut cenderung meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Temukan Obat Luka dari Ekstrak Kopi Robusta

1. Kecamatan Depok paling banyak penderita

Ilustrasi Ambulans. IDN Times/Irma Yudistirani

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, menyebutkan dari angka 626, penderita terbanyak ada di Kecamatan Depok, yang dilanjutkan oleh Kecamatan Gamping, dan Kecamatan Mlati.

Joko menyebutkan, Kecamatan Depok menjadi kecamatan paling banyak lantaran dari sisi kepadatan penduduk tergolong paling padat. "Tinggi kasus dipengaruhi kepadatan penduduk. Penduduk di Depok paling tinggi di Sleman. Karena jumlah penduduk tinggi maka proposisi penderita DBD paling tinggi ya wajar."

Joko menerangkan, selain jumlah penduduk, banyaknya rumah yang tidak ditempati juga menjadi salah satu penyebab banyaknya kasus DBD.

2. Satu penderita meninggal dunia, Dinkes Sleman berikan surat edaran

IDN Times/Wayan Antara

Joko menyebutkan, selain bertambah, sampai dengan saat ini sudah ada satu penderita DBD yang meninggal dunia. Untuk itu, pada Senin (9/12) lalu pihaknya sudah menerbitkan surat edaran kepada Puskesmas, masyarakat, sekolah maupun instansi lain untuk kembali memperkuat gerakan Jumantik (Juru Pemantau Jentik) serta meningkatkan upaya pemberantasan sarang nyamuk.

"Kamarin sudah kita edarkan ke Puskesmas. Dasar edarnya dari Sekda DIY. Isinya hampir sama, dari sisi masyarakat untuk satu rumah satu Jumantik, PSM. Untuk memutus rantai penularan kita dari dinas melakukan fogging. Kalau yang meninggal 1, penderita ada yang dirawat di puskesmas ada juga yang di rumah sakit," katanya.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal DBD dan Cara Mencegah Demam Berdarah Dengan Enam M

Berita Terkini Lainnya