Jawaban AHY soal Jadi Kandidat Kuat Cawapres Anies

Jawabannya tak gamblang, tapi ia optimis dan penuh persiapan

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menanggapi namanya yang berada di jajaran teratas kandidat cawapres pendamping capres Anies di Pilpres 2024.

"Insyaallah saya adalah orang yang selalu optimis dan ingin terus mempersiapkan diri," kata AHY saat ditemui di sebuah kafe, daerah Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kamis (20/7/2023) malam.

1. Koalisi Perubahan berlayar dan menang

Jawaban AHY soal Jadi Kandidat Kuat Cawapres AniesSuasana pertemuan Anies Baswedan dan tim kecil Koalisi Perubahan di Markas Partai Demokrat. (Dok. Demokrat)

AHY memang tak menjawab secara gamblang soal kansnya mendampingi Anies. Dia kemudian cuma menegaskan tentang dirinya yang bersikap optimis dan penuh persiapan, termasuk demi membawa Demokrat dan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) menang.

"Saya merasa harus terus bekerja karena kita (KPP) tidak hanya ingin berlayar, tapi ingin menang," tegasnya.

2. Hasil survei jadi modal, butuh kinerja signifikan

Jawaban AHY soal Jadi Kandidat Kuat Cawapres AniesKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di UGM (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dalam sejumlah hasil yang dirilis lembaga survei, pasangan Anies-AHY dianggap memiliki elektoral tinggi untuk memenangkan Pilpres 2024. AHY menyebut dirinya tidak hanya ingin unggul di sejumlah survei namun juga di kondisi nyata

"Kalau tadi disampaikan ada sejumlah lembaga survei yang memotret pasangan ini (Anies-AHY) juga punya kans yang baik, saya pikir pertama harus kita nilai atau tempatkan sebagai sebuah potensi, sebuah modal dasar," kata AHY.

"Kita kan nggak mau hanya unggul di survei, kita ingin benar-benar unggul di lapangan artinya survei itu terkonversi menjadi suara riil rakyat di TPS-TPS," sambungnya.

Baca Juga: AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies Baswedan

3. Incar putaran kedua

Jawaban AHY soal Jadi Kandidat Kuat Cawapres AniesIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Keputusan penentuan sosok cawapres berdasarkan kesepakatan parpol di KPP ada di tangan Anies Baswedan selaku capres. Hingga kini, mantan gubernur DKI Jakarta itu belum mengumumkan siapa sosok pendampingnya.

Kendati, AHY sudah memiliki target pada Pilpres 2024 nanti, yakni melangkah ke putaran kedua.

"Target utamanya tentu harus masuk putaran kedua," kata AHY.

Bagi AHY, target dua putaran cukup realistis jika melihat peta politik yang sekarang ini. Di mana kini terdapat tiga poros koalisi dengan capresnya masing-masing.

"Katakanlah ada tiga pasang, tiga kandidat atau tiga poros. Berarti kan kemungkinan besar ada dua putaran," imbuhnya.

"Kita tidak perlu berandai-andai terlalu jauh satu putaran, tapi bagaimana bisa masuk ke putaran kedua," ujar AHY menambahkan.

AHY pun percaya diri Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), termasuk Demokrat di dalamnya yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres mampu melenggang ke putaran kedua Pilpres 2024.

Ia melihat begitu banyak aspirasi masyarakat yang menginginkan perubahan. Baginya, itu merupakan ceruk tersendiri bagi koalisinya.

"Mudah-mudahan kalau strateginya efektif, tim pemenangan juga bisa cakap memetakan potensi atau suara-suara yang bisa kita jadikan basis perubahan, mudah-mudahan itu menjadi kans kemenangan yang lebih baik lagi," ucap dia.

Baca Juga: AHY Tak Muluk-muluk di Pilpres 2024: Target Utama Putaran Kedua

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya