AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies Baswedan

Partai di Koalisi Perubahan sepakat soal cawapres Anies

Sleman, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan usulan Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Koalisi Perubahan sudah final. Soal posisi Cawapres sudah diserahkan kepada Calon Presiden.

Saat disinggung mengenai potensi dirinya mendamping Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang, AHY menyebut wacana tentang Cawapres sudah final. Tiga partai yang bergabung dalam Koalisi Perubahan yaitu Partai Demokrat, PKS, dan NasDem, telah ada keputusan tersendiri.

1. Cawapres diserahkan kepada Anies Baswedan

AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies BaswedanMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Tiga partai tersebut telah menandatangani piagam kesepakatan, di mana salah satu pasalnya menyinggung soal posisi cawapres. "Satu pasal paling penting adalah menyerahkan kepada Capres mas Anies Baswedan untuk menentukan sendiri Cawapresnya," kata AHY, seusai acara FISIPOL Leadership Forum, Mampukah Kita Selamatkan Demokrasi di Indonesia, di Auditorium FISIPOL UGM, Kamis (20/7/2023).

Meski begitu AHY juga menyebut Cawapres yang ada harus memnuhi sejumlah kriteria. "Kriteria yang dianggap bisa membawa kans kemenangan yang lebih tinggi dalam Pemilihan Presiden 2024 nanti," ujar AHY.

2. Menunggu momentum untuk diumumkan

AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies BaswedanKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut AHY keputusan koalisi tersebut untuk menghindari wacana liar. Nantinya keputusan yang ada akan dihormati, dan diumumkan pada momentum yang tepat.

"Nah jadi itu sudah kita serahkan, sehingga sebetulnya kita menghindari wacana-wacana terus menjadi liar ke sana kemari, karena kita sangat menghormati pilihan itu. Tentu pilihan yang rasional atas dasar tujuan yang baik dan cara-cara yang baik, kita ingin menunggu waktunya yang tepat. Momentum yang tepat pada saatnya akan diumumkan oleh Capres kita," ungkap AHY.

Baca Juga: AHY: Pembegalan Partai Demokrat Wujud Kemunduran Demokrasi

3. Koalisi Perubahan diklaim solid

AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies BaswedanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, AHY juga menyebut hingga saat ini Koalisi Perubahan solid. Antara Partai Demokrat, NasDem, dan PKS berkeinginan terus bersama-sama membangun kebersamaan.

"Koalisi perubahan, NasDem, PKS dan Demokrat solid dan kami ingin terus bersama-sama membangun kebersamaan baik dalam pikiran, gagasan, maupun dalam kerja-kerja dan perjuangan di lapangan," ujar AHY.

Baca Juga: Anies Baswedan Nonton Wayung Kulit di Parangkusumo Saat Malam 1 Suro

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya