Anies Baswedan Nonton Wayung Kulit di Parangkusumo Saat Malam 1 Suro

9.784 wisatawan kunjungi Pantai Parangkusumo

Bantul, IDN Times - ‎Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan merayakan tahun baru Islam atau malam 1 Suro dengan menonton pertunjukan wayang kulit di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul pada Selasa (18/7/2023) malam.

Mantan Gubernur DKI itu datang di Pantai Parangkusumo menggunakan pakaian batik yang langsung disambut oleh salah satu warga yang menggunakan kostum tokoh wayang Hanoman.

1. Anies bersyukur bisa merayakan malam 1 Suro bersama warga

Anies Baswedan Nonton Wayung Kulit di Parangkusumo Saat Malam 1 SuroBacapres Anies Baswedan rayakan malam 1Suro di Pantai Parangkusumo.(IDN Times/Daruwaskita)

Anies mengaku bersyukur bisa kembali berkunjung di Kabupaten Bantul, khususnya di Pantai Selatan Bantul karena mengingatkan masa kecilnya.

"Alhamdulilah malam hari ini saya bersyukur bisa kembali ke Jogja bersama-sama dengan masyarakat menyambut malam tahun baru 1 Muharam atau 1 Suro. Saya akan menyaksikan pegelaran wayang kulit yang dibawakan oleh dalang Anom Suroto," katanya, Selasa (18/7/2023) malam.

"Pantai Parangtritis, Parangkusumo ini adalah pantai masa kecil saya, ketika sekolah di sini. Kalau kita jalan-jalan ya ke Parangkusumo, Parangtritis. Sering kemah di Parangtritis," imbuhnya.

2. Wayang kulit tontonan yang memberikan tuntunan‎

Anies Baswedan Nonton Wayung Kulit di Parangkusumo Saat Malam 1 SuroBacapres Anies Baswedan rayakan malam 1Suro di Pantai Parangkusumo.(IDN Times/Daruwaskita)

Bacapres dari Parta NasDem ini mengaku pagelaran wayang kulit takhanya hiburan semata, melainkan tontonan yang bisa memberikan tuntutan dari cerita para tokoh wayang.

"Kita kan sering melihat tontonan menarik tapi nggak ada tuntunannya. Kalau nonton wayang kulit adalah tontonan yang penuh dengan tuntunan," ucapnya.

Baca Juga: Cak Nun Sepekan Lebih di RS, Anies dan Gatot Nurmantyo Giliran Jenguk

3. 9.784 wisatawan kunjungi Pantai Parangkusumo saat malam 1 Suro‎

Anies Baswedan Nonton Wayung Kulit di Parangkusumo Saat Malam 1 SuroTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

‎Sementara itu, Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan saat malam 1 Suro terhitung pukul 19.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis mencapai 7.794 orang. Sementara pada pukul 00.01 WIB hingga pukul 07.00 WIB sebanyak 1.990 orang.

"Total pengunjung mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB mencapai 9.784 orang. Wisatawan paling banyak berkunjung ke Pantai Parangkusumo untuk melaksanakan ritual malam 1 Suro," ujar Markus, Rabu (19/7/2023). 

Baca Juga: 5 Restoran Seafood di Bantul, Sajikan Olahan Laut Segar nan Lezat

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya