AHY Tak Muluk-muluk di Pilpres 2024: Target Utama Putaran Kedua

Dia pede bisa ke melaju ke putaran kedua

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyatakan parpolnya mengincar target utama melangkah ke putaran kedua saat Pemilihan Presiden 2024.

"Target utamanya tentu harus masuk putaran kedua," kata AHY di salah satu kafe, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kamis (20/7/2023).

1. Realistis, tak muluk-muluk 1 putaran

AHY Tak Muluk-muluk di Pilpres 2024: Target Utama Putaran KeduaPertemuan Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di rumah Anies, Selasa (21/3/2023). (dok. Partai Demokrat)

Bagi AHY, target dua putaran cukup realistis jika melihat peta politik yang sekarang ini. Di mana kini terdapat tiga poros koalisi dengan capresnya masing-masing.

"Katakanlah ada tiga pasang, tiga kandidat atau tiga poros. Berarti kan kemungkinan besar ada dua putaran," imbuhnya.

"Kita tidak perlu berandai-andai terlalu jauh satu putaran, tapi bagaimana bisa masuk ke putaran kedua," ujar AHY menambahkan.

2. Optimisme lihat ceruk suara perubahan

AHY Tak Muluk-muluk di Pilpres 2024: Target Utama Putaran KeduaKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

AHY pun percaya diri Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), termasuk Demokrat di dalamnya yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres mampu melenggang ke putaran kedua Pilpres 2024. Ia melihat begitu banyak aspirasi masyarakat yang menginginkan perubahan. Baginya, itu merupakan ceruk tersendiri bagi koalisinya.

"Mudah-mudahan kalau strateginya efektif, tim pemenangan juga bisa cakap memetakan potensi atau suara-suara yang bisa kita jadikan basis perubahan, mudah-mudahan itu menjadi kans kemenangan yang lebih baik lagi," ucap dia.

Baca Juga: AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies Baswedan

3. Koalisi belum punya cawapres

AHY Tak Muluk-muluk di Pilpres 2024: Target Utama Putaran KeduaBacapares dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) ketika berada di Yogyakarta. (www.instagram.com/@aniesbaswedan(

Kendati, hingga kini KPP yang merupakan koalisi Demokrat, PKS, dam NasDem belum mengumumkan siapa cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 besok.

AHY menegaskan jika berdasarkan kesepakatan parpol pada KPP, maka keputusan menentukan sosok cawapres ada di tangan Anies.

"Untuk cawapres, sebetulnya sudah final. Final itu artinya ketiga partai benar-benar menyerahkan kepada capres. Karena sesuai piagam yang ditandatangani ketiga parpol, untuk nama cawapres sepenuhnya diserahkan kepada capres. Kita tinggal menunggu waktunya," pungkasnya.

Baca Juga: Kata AHY Soal Pertemuan Petinggi Gerindra dan Demokrat

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya