Kata AHY Soal Pertemuan Petinggi Gerindra dan Demokrat

Selalu buka ruang komunikasi

Sleman, IDN Times - Petinggi Partai Gerindra mendatangi kantor DPP Partai Demokrat siang ini. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyambut baik pertemuan tersebut.

"Ya saya anggap setiap pertemuan antar partai politik itu bagus," kata AHY, seusai acara FISIPOL Leadership Forum, 'Mampukah Kita Selamatkan Demokrasi di Indonesia', di Auditorium FISIPOL UGM, Kamis (20/7/2023).

1. Saling menghormati posisi masing-masing partai

Kata AHY Soal Pertemuan Petinggi Gerindra dan DemokratPartai Gerindra menggelar Silaturahmi Kebangsaan dengan Partai Demokrat pada Kamis (20/7/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut AHY, dalam pertemuan tersebut semangatnya adalah selalu menjalin komunikasi dan silaturahmi. Dikatakannya banyak isu di negeri ini yang bisa dicarikan solusinya, jika antar partai politik di mana pun partai politik itu berada.

"Dan kita tentu saling menghormati posisi masing-masing hari ini. Kita tahu partai Gerindra adalah partai yang besar yang juga memiliki sikap dan posisi politik hari ini. Termasuk juga Partai Demokrat juga demikian, yang jelas semangat seperti ini adalah baik untuk semua," ujar AHY.

2. Terbuka untuk membangun komunikasi

Kata AHY Soal Pertemuan Petinggi Gerindra dan DemokratPartai Gerindra menggelar Silaturahmi Kebangsaan dengan Partai Demokrat pada Kamis (20/7/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

AHY mengatakan selalu membuka diri, termasuk juga kader Partai Demokrat yang lain untuk melakukan silaturahmi dan komunikasi ke segala arah. "Yang jelas kami ingin menjadi contoh buat masyarakat luas, bahwa walaupun berbeda dalam pilihan dan posisi politik, selalu terbuka ruang untuk bisa berkomunikasi dan membangun kerja sama," kata AHY.

Saat disinggung mengenai kemungkinan terbukanya koalisi baru, AHY menyebut hal tersebut selalu menjadi bahan untuk didiskusikan. Pihaknya juga enggan berandai-andai.

"Tetapi yang jelas politik itu memang serba mungkin. Politik adalah seni yang bisa menyatakan semua itu bisa terjadi, tetapi saya yakinkan bahwa hari ini Demokrat juga tetap serius untuk membangun Koalisi Perubahan," ungkapnya.

Baca Juga: 3 Tanda Kemunduran Demokrasi di Indonesia versi AHY

3. Koalisi Perubahan terbuka untuk yang ingin bergabung

Kata AHY Soal Pertemuan Petinggi Gerindra dan DemokratKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dalam perjalanannya Koalisi Perubahan pun terbuka untuk siapa pun bisa bergabung, dalam semangat perubahan. Pihaknya juga ingin mendengarkan apa yang menjadi pandangan-pandangan dari partai-partai lain.

"Tetapi yang jelas tadi pertemuan yang baik antar dua Sekjen didampingi sejumlah petinggi partai, baik Gerindra dan Demokrat di Dewan Pimpinan Pusat Demokrat. Ini niat yang sudah cukup lama disampaikan tetapi baru bisa sekarang," ujar AHY.

Baca Juga: AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies Baswedan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya