3 Tanda Kemunduran Demokrasi di Indonesia versi AHY

Dari Pemilu hingga pelemahan oposisi

Sleman, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut ada sejumlah tanda kemunduran demokrasi di Indonesia saat ini. Mulai dari masalah Pemilihan Umum (Pemilu) hingga pelemahan kekuatan oposisi.

AHY menyebut secara prosedural Pemilu di Indonesia bisa berjalan lima tahun sekali dan dengan jumlah pemilih yang tinggi sudah cukup baik. Meski begitu, AHY melihat kualitas penyelenggaraan Pemilu masih banyak yang harus diperbaiki.

1. Penyelenggaraan Pemilu perlu ada perbaikan

3 Tanda Kemunduran Demokrasi di Indonesia versi AHYIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

AHY menyebut dalam penyelenggaraan Pemilu masih dirasakan adanya intervensi hingga kecurangan Pemilu. Kecurangan mulai dari sederhana hingga kecurangan yang lebih sistematis dan terstruktur. "Harus dicegah kecurangan, gak boleh ada intimidasi, intervensi," ungkap AHY, dalam acara FISIPOL Leadership Forum, Mampukah Kita Selamatkan Demokrasi di Indonesia, di Auditorium FISIPOL UGM, Kamis (20/7/2023).

Upaya untuk mencegah intervensi dari sejumlah pihak atau penguasa yang hanya memberi jalan seseorang atau koalisi tertentu harus dilakukan. Menurutnya intervensi yang ada membuat demokrasi tidak sehat. "Kami gak ingin hasilnya yang membuat rakyat marah dan gak terima, mencari jalannya sendiri. Jangan hanya yang punya kekuatan logistik (yang diberi jalan). Masih banyak putra-putri bangsa yang mempunyai integritas baik," ujar AHY.

2. Banyak orang yang takut berbicara

3 Tanda Kemunduran Demokrasi di Indonesia versi AHYKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

AHY juga menyinggung saat ini banyak orang yang takut untuk menyuarakan pendapatnya. Tidak hanya aktivis mahasiswa, namun juga guru hingga ulama. Kebebasan mengungkapkan pendapat atau berbicara ini menurutnya harus dijaga.

"Mahasiswa, guru termasuk ulama takut bicara karena kriminalisasi, takut diretas HPnya. Kemudian (harus ada) kebebasan pers yang kuat, yang solid, diharapkan menjadi pilar demokrasi di indonesia," kata AHY.

Baca Juga: AHY: Pembegalan Partai Demokrat Wujud Kemunduran Demokrasi

3. Kekuatan oposisi dilemahkan

3 Tanda Kemunduran Demokrasi di Indonesia versi AHYKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

AHY juga mengharapkan penegakan hukum di Indonesia agar tidak tebang pilih. Termasuk adanya check and balance antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Jangan sampai ada satu lembaga negara yang mendominasi, hingga akhirnya tidak bisa menghadirkan kebijakan publik terbaik untuk rakyat.

"Kekuatan oposisi juga akan dilemahkan. Case study nyata betapa kemunduran demokrasi terjadi, upaya pembegalan Partai Demokrat oleh tangan kekuasaan yang terjadi dua tahun ini," kata AHY.

Baca Juga: AHY: Keputusan Cawapres Sudah Final di Tangan Anies Baswedan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya