Partai Demokrat Berpeluang Gaet Gerindra Jika Pilpres 2 Putaran

AHY incar putaran kedua pilpres

Sleman, IDN Times - Partai Demokrat mengungkap kemungkinan kerja sama dengan Partai Gerindra jika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berhasil melangkah ke putaran kedua.

"Kami membuka kemungkinan kerja sama, tetapi sekarang ini kita sedang dalam posisi bersama Koalisi Perubahan. Kalau ada putaran kedua, kan bisa saja kita bekerja sama," kata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng di UGM, Kamis (20/7/2023).

1. Demokrat buka diri, Gerindra diklaim ingin lanjut

Partai Demokrat Berpeluang Gaet Gerindra Jika Pilpres 2 PutaranIDN Times/istimewa

Dikatakan Andi, sejatinya antara partainya dan Gerindra sudah berkomunikasi sejak lama. Bukan cuma antar ketua umum, tapi juga sekjen seperti pertemuan di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kalau ketua umum (AHY) kan sudah ketemu juga, Pak Prabowo sudah bertemu dengan Mas AHY, juga sudah ketemu dengan Pak SBY di Pacitan. Tapi komunikasi jalan terus pada  tingkat sekjen dan pengurus lain juga berjalan," imbuh Andi.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu menyebut Demokrat selalu terbuka. Sementara itu, dia mengklaim, Gerindra ingin ada komunikasi lebih jauh.

"Selain komunikasi tentu saja membangun kemungkinan-kemungkinan kerja sama ke depan. Cuma memang posisi kami selalu membuka pintu untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan partai lain, namun untuk Pemilu 2024 ini kami juga mengatakan bahwa posisi kami ada dalam Koalisi Perubahan," tutupnya.

2. AHY incar putaran kedua pilpres

Partai Demokrat Berpeluang Gaet Gerindra Jika Pilpres 2 PutaranKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan parpolnya mengincar target utama melangkah ke putaran kedua saat Pemilihan Presiden 2024.

"Target utamanya tentu harus masuk putaran kedua," kata AHY di salah satu kafe, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kamis (20/7/2023).

Bagi AHY, target dua putaran cukup realistis jika melihat peta politik yanh sekarang ini. Dimana saat ini terdapat tiga poros koalisi dengan capresnya masing-masing.

"Katakanlah ada tiga pasang, tiga kandidat atau tiga poros. Berarti kan kemungkinan besar ada dua putaran. Tidak perlu berandai-andai terlalu jauh satu putaran, tapi bagaimana bisa masuk ke putaran kedua," imbuhnya.

Baca Juga: AHY Tak Muluk-muluk di Pilpres 2024: Target Utama Putaran Kedua

3. AHY melihat banyak aspirasi warga yang menginginkan perubahan

Partai Demokrat Berpeluang Gaet Gerindra Jika Pilpres 2 PutaranKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

AHY mengaku percaya diri dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), dimana Demokrat bergabung di dalamnya, yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres bakal melenggang ke putaran kedua Pilpres 2024. Ia melihat banyak aspirasi warga yang menginginkan perubahan. Baginya, itu merupakan ceruk tersendiri bagi koalisinya.

"Mudah-mudahan kalau strateginya efektif, tim pemenangan juga bisa cakap memetakan potensi atau suara-suara yang bisa kita jadikan basis perubahan, mudah-mudahan itu menjadi kans kemenangan yang lebih baik lagi," ucapnya.

Baca Juga: Mampir ke ARTJOG, Ganjar Pranowo Kepincut Lukisan Goenawan Mohamad

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya