TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejumlah Tanah Wakaf di Kabupaten Sleman Terkena Pembangunan Tol 

3 tanah wakaf tersebut difungsikan sebagai bangunan masjid

Ilustrasi (Pexels/Ali Arapoglu)

Sleman, IDN Times - Sejumlah tanah wakaf di Kabupaten Sleman terdampak pembangunan Tol Jogja-Solo serta Jogja-Bawen.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Sa'ban Nuroni menjelaskan pihaknya telah menerima laporan sebanyak tiga tanah wakaf terdampak pembangunan jalan tol. Saat ini ketiga tanah wakaf tersebut difungsikan sebagai bangunan masjid.

Baca Juga: Pemkab Sleman Akan Bangun Transit Multifungtion di Kawasan Exit Tol

1. Jumlah dimungkinkan bertambah

Pemasangan perdana patol Tol Jogja-Solo. IDN Times/Siti Umaiyah

Sebanyak tiga bangunan masjid yang berada di atas tanah wakaf terdampak tol tersebut yakni Masjid Baitul Makmur Karangkalasan, Latifah Al Jabbar Depok, serta Masjid di Pundong 3, Tirtoadi, Mlati.

Sa'ban menambahkan data tersebut merupakan laporan sementara, kemungkinan besar akan bertambah. "Saya memperkirakan ke depan akan ada informasi tambahan, bukan hanya tiga. Sementara kita tunggu dulu," ungkapnya pada Selasa (29/9/2020).

2. Harus mencari ganti senilai tanah wakaf

Unspash

Sa'ban menjelaskan pihaknya memastikan agar proses tukar ganti tanah terdampak wakaf sesuai dengan ikrar wakaf yang dilakukan oleh wakif dan nazir. Hal tersebut bertujuan agar wakaf tidak hilang.

"Harus mencari ganti tanah yang senilai dengan itu minimal, kalau lebih bagus lebih baik. Termasuk masjid yang ada di atasnya sudah diperhitungkan harganya dan kemudian harus diganti juga," terangnya.

Baca Juga: Masuk Masa Kampanye, Bawaslu Sleman Pantau Medsos secara Ketat

Berita Terkini Lainnya