Libur Sekolah Usai, Jumlah Wisatawan ke Pantai di Bantul Mulai Turun

Kunjungan wisatawan beri pemasukan ratusan juta ke PAD

Bantul, IDN Times - ‎Jogja Internasional Kita Festival yang digelar di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul pada Sabtu (15/7/2023) hingga Minggu (16/7/2023) berdampak meningkatkan kunjungan wisata. Namun untuk kunjungan wisata dalam satu pekan justru mengalami penurunan dibandingkan satu pekan sebelumnya.

1. Kunjungan wisatawan beri pemasukan ratusan juta ke PAD

Libur Sekolah Usai, Jumlah Wisatawan ke Pantai di Bantul Mulai TurunIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, menjelaskan kunjungan wisata pada akhir pekan kemarin yakni Jumat (14/7/2023) hingga Minggu (16/7/2023) mencapai 39.152 orang. Jumlah itu memberikan kontribusi pada pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp377 juta. Sementara itu pada akhir pekan sebelumnya kunjungan wisata hanya 32.672 orang dengan pemasukan PAD Rp315 juta.

"Ada kenaikan kunjungan wisata saat akhir pekan yang mencapai 19,8 persen dibandingkan satu pekan sebelumnya," katanya, Senin (17/7/2022).

2. Kunjungan wisatawan dalam satu pekan justru menurun

Libur Sekolah Usai, Jumlah Wisatawan ke Pantai di Bantul Mulai TurunJogja Internasional Kita Festival di Pantai Parangkusumo, Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Markus Purnomo Adi yang akrab disapa Ipung, menambahkan untuk kunjungan selama satu pekan yakni tanggal 10-16 Juli 2023 tercatat 58.869 wisatawan. Jumlah itu berkontribusi pada pemasukan PAD sebesar 2,4 persen.

Sedangkan kunjungan wisatawan satu pekan sebelumnya tanggal 3-9 Juli 2023 sebanyak 60.350 orang dengan pemasukan PAD sebanyak Rp 582 juta. "Jadi adanya festival layang-layang di Pantai Parangkusumo ternyata tak berdampak pada peningkatan wisatawan selama satu pekan. Bahkan turun sekitar 2,4 persen," ujarnya.

Baca Juga: Bukit Watu Gagak, Spot Asyik Berburu Sunset dan Kuliner di Bantul

3. Dinas Pariwisata Bantul berharap libur 1 Suro dapat dongkrak wisatawan

Libur Sekolah Usai, Jumlah Wisatawan ke Pantai di Bantul Mulai TurunLabuhan Honodento di Pantai Parangkusumo.(Dok.Istimewa)

Ipung menjelaskan menurunnya jumlah wisatawan di Kabupaten Bantul yang kebanyakan berkunjung ke pantai selatan Bantul khususnya Pantai Parangtritis disebabkan libur panjang sekolah sudah selesai. Sementara festival layang-layang hanya mendongkrak kunjungan saat akhir pekan saja. "Jadi saat akhir pekan memang kawasan Pantai Parangkusumo sangat padat dengan wisatawan karena ada festival layang-layang," ujarnya.

Ipung berharap adanya libur 1 Suro pada Rabu (18/7/2023) dapat mendongkrak kunjungan wisata saat malam hari. Sebab banyak masyarakat dari berbagai daerah akan melaksanakan ritual malam 1 Suro di Pantai Parangkusumo. "Harapan kita saat malam 1 Suro ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawa," ujarnya.‎

Baca Juga: Sempat Vakum 10 Tahun, Nelayan Samas Bantul Gelar Bekti Jolo Nidi

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya