TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Muncul Kabar Jambu Kristal Putih Mampu Tangkal COVID-19, Benar Gak?

Ini pendapat ahli gizi UGM 

Doktersehat.com

Sleman, IDN Times - Akhir-akhir ini tersiar kabar buah jambu kristal putih dapat digunakan menyembuhkan penderita COVID-19. Benarkah informasi yang beredar tersebut?

Ahli Gizi UGM, Aviria Eramilia angkat bicara mengenai kabar yang beredar. Menurutnya kabar tersebut tidak benar dan merupakan hoaks. Apa alasannya? 

Baca Juga: Heboh Hujan Es di Yogyakarta, Ini Penjelasan Pakar Klimatologi UGM

1. Belum ada makanan spesifik yang bisa mencegah COVID-19

Pexel.com/Quang nguyen

Aviria menyebut hingga saat ini belum ada makanan yang secara spesifik dapat digunakan untuk mencegah atau sebagai antivirus COVID-19. Begitu pula dengan jambu kristal putih.

"Belum ada studi klinis khusus terkait jambu kristal putih sebagai penangkal COVID-19," ungkapnya pada Kamis (4/4/2021).

2. Jambu kristal kaya akan gizi

Honestdocs.id

Walaupun jambu kristal putih belum terbukti bisa mencegah COVID-19, Aviria tidak menafikan buah ini mengandung banyak vitamin dibanding jambu jenis lainnya, sebab kandungan bijinya hanya sekitar 3 persen. 

"Selain itu tingkat kemanisan jambu ini lebih merata di semua daging buah. Bahkan tingkat kemanisannya rata-rata lebih tinggi dibanding buah jambu biasa sehingga lebih enak untuk dinikmati," katanya.

 

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bisa Bikin Paspor di Kampus, Gimana Caranya?

Berita Terkini Lainnya