TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas dan Puluhan Kali Guguran Lava

Merapi masih bmenampakkan aktivitas yang tinggi

Ilustrasi awan panas guguran Gunung Merapi. (Dok. BPPTKG)

Sleman, IDN Times - Gunung Merapi kembali terpantau mengeluarkan awan panas dan guguran lava pijar pada Minggu (4/4/2021).

Dari sepanjang pengamatan yang dilakukan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada pukul 00.00 hingga 24.00 WIB, terpantau ada sekali kejadian awan panas guguran dan 30 kali guguran lava.

Baca Juga: Jumat Dini Hari, Merapi Muntahkan 3 Kali Awan Panas Guguran

1. Awan panas meluncur sejauh 1.000 meter

Awanpanas guguran Gunung Merapi. Dik: BPPTKG

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menyampaikan, awan panas yang terjadi terpantau meluncur sejauh 1.000 m. Sedangkan untuk arah luncuran, masih mengarah ke Barat Daya.

"Teramati 1 kali awan panas guguran dengan estimasi jarak luncur 1000 m ke arah Barat Daya," ungkapnya melalui keterangan tertulis pada Senin (5/4/2021).

2. Luncuran lava ada yang mengarah ke Tenggara

Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Wonorejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, D.I Yogyakarta, Senin (18/1/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Untuk guguran lava, Hanik menjelaskan dari 30 kali guguran, jarak maksimum mencapai 1.000 meter. Sedangkan untuk arah guguran selain mengarah ke Barat Daya juga ada yang mengarah ke Tenggara.

"Teramati 29 kali guguran lava dengan jarak luncur maksimal 1.000 m mengarah ke arah Barat Daya dan 1 kali dengan jarak luncur 300 m ke arah Tenggara," katanya.

Baca Juga: Rabu 31 Maret, Merapi Keluarkan Awan Panas dan Puluhan Guguran Lava

Berita Terkini Lainnya