Polres Bantul Terjunkan 545 Personel Amankan Malam 1 Suro

Masyarakat diminta tak lakukan konvoi

Bantul, IDN Times -Polres Bantul menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan malam perayaan pergantian tahun baru Islam 1445 H, 1 Muharam atau 1 Suro.

“Pengamanan malam 1 Suro ini, kita mempersiapkan pengamanan kurang lebih 545 personel,” kata Kasi Humas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (18/7/2023).

 

1. Pengamanan dengan sistem tertutup dan terbuka

Polres Bantul Terjunkan 545 Personel Amankan Malam 1 SuroKasi Humas Polres Bantul, I Nengah Jeffry.(IDN Times/Daruwaskita)

Jeffry menjelaskan untuk kegiatan malam 1 Suro, Polres Bantul akan melakukan pengamanan di beberapa lokasi. Menurut Jeffry lokasi itu seperti wilayah pantai selatan serta penggal-penggal jalan untuk mencegah terjadinya kemacetan.


“Dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya untuk kegiatan ritual malam 1 Suro di wilayah Kabupaten Bantul berlangsung aman. Meski demikian di tahun ini, kami dari Polres Bantul tetap akan melakukan pengamanan baik terbuka maupun tertutup, serta patroli secara mobiling,” ungkapnya.

2. Kapolres akan turun langsung pantau pengamanan malam 1 Suro

Polres Bantul Terjunkan 545 Personel Amankan Malam 1 SuroTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Setiap malam 1 Suro, sebagian masyarakat di Kabupaten Bantul akan mengadakan kegiatan ritual. Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Polres Bantul juga akan melibatkan Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Kodim 0729/Bantul dan stakeholder lainnya untuk pengamanan.

“Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Bantul agar aman dan kondusif,” kata Jeffry.

Untuk kegiatan malam 1 Suro, Kapolres Bantul bersama Waka Polres Bantul akan turun langsung melakukan patroli memantau kegiatan ke tempat dilaksanakannya ritual malam 1 Suro. “Untuk di wilayah Kabupaten Bantul ada kegiatan ritual malam 1 Suro akan turun langsung melakukan patroli memantau kegiatan tersebut,” jelas Jeffry.

 

Baca Juga: Mahasiswa UMY Diduga Korban Mutilasi, Aktif di Kegiatan Kampus 

3. Masyarakat tak perlu konvoi di jalan

Polres Bantul Terjunkan 545 Personel Amankan Malam 1 SuroIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Jeffry juga mengimbau saat perayaan malam 1 Suro, masyarakat tidak perlu melakukan konvoi maupun arak-arakan. Masyarakat yang ingin merayakan malam 1 Suro diminta melaksanakan di rumah ataupun tempat-tempat ibadah.

“Semua kegiatan 1 Suro agar tidak mengganggu ketertiban umum. Kalau ada yang melanggar akan kita tindak sesuai aturan,” ujarnya.
 

Baca Juga: Sejumlah SD hingga SMP di Bantul Kekurangan Murid

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya