Muhibah Budaya 2023 dari Jogja Bakal Digelar di Madiun dan Tulungagung

Rajut budaya Mataram dari DIY ke Jawa Timur

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (Disbud DIY) akan menggelar Muhibah Budaya dengan tema 'Merajut Budaya Mataram dari Yogyakarta untuk Indonesia'. Event akan di gelar di Tulungagung dan Madiun, Jawa Timur, menjadi upaya merajut ikatan budaya mataraman.

“Muhibah budaya ini adalah satu raketan historis pada area-area atau kawasan yang memiliki ikatan budaya mataraman," ujar Kepala Disbud DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, di Ruang Wisanggeni Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (18/7/2023).

1. Puncak acara dilaksanakan di Tulungagung

Muhibah Budaya 2023 dari Jogja Bakal Digelar di Madiun dan TulungagungKeraton Yogyakarta (kratonjogja.id)

Tahun lalu, Muhibah Budaya ini dilaksanakan di Magetan, Ponorogo, ke Trenggalek, Purwerejo dan kota lainnya. "Tahun ini (muhibah budaya) di Tulungagung kemudian yang kedua di Madiun,” ungkap Dian.

Kegiatan Muhibah Budaya 2023 di Tulungagung akan diselenggarakan, pada tanggal 24 Juli 2023. “Jadi tanggal 24 malam itu puncak acara di Tulungagung. Nanti ada penampilan kesenian dari Keraton Yogyakarta, kemudian diskusi dengan bupati dan teman-teman di Kabupaten Tulungagung,” ucap Dian.

2. Berbagai kegiatan akan digelar di Madiun

Muhibah Budaya 2023 dari Jogja Bakal Digelar di Madiun dan TulungagungIlustrasi aksara Jawa (IDN Times/Febriana Sinta)

Dian pun mengungkapkan, serangkaian aktivitas muhibah budaya itu sendiri akan berpusat di Kota Madiun. Berbagai kegiatan dalam rangka silaturahmi budaya antara Yogyakarta dan Madiun tersebut diagendakan akan berlangsung di Kota Madiun pada tanggal 20-25 Juli 2023.

Disebutkan Dian, beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam Muhibah Budaya 2023 di Madiun di antaranya yaitu pameran kebudayaan, workshop kebudayaan, Ngobrol Heritage, pelatihan cagar budaya, workshop tari, workshop macapat, workshop busana Jawa Yogyakarta, workshop grafis, pawijatan Jawa, workshop klinik aksara dan pengenalan dan mewarnai aksara Jawa untuk anak.

Baca Juga: 5 Kafe di Kotagede Jogja, Kental Nuansa Tradisional

3. Pameran literasi hingga pagelaran sastra Epos Ramayana

Muhibah Budaya 2023 dari Jogja Bakal Digelar di Madiun dan TulungagungIlustrasi wayang kulit. IDN Times/ istimewa

Dian menjelaskan ada pameran literasi dan maestro sastra, workshop digitalisasi aksara, pagelaran sastra Epos Ramayana: Hastabrata, pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Kemudian, konser mini orchestra serenade bunga bangsa, serta pelaksanan malam puncak Muhibah Budaya 2023 di Madiun pada tanggal 25 Juli 2023 malam.

“Jadi aktivitas kegiatan Muhibah Budaya di Madiun. Kalau Tulungagung hanya kegiatan puncak saja, pertemuan kemudian silaturahmi dan pementasan persembahan tari dari Keraton. Semua aktivitas kolaborasi agenda event ada di Kota Madiun,” kata Dian.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bioskop di Jogja untuk Nonton Film Oppenheimer

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya