Digawangi 3 Musisi Kawakan, Elastic Kenalkan Diri di Jogja

Cak Nun hingga Kiai Kanjeng pengaruhi band

Yogyakarta, IDN Times - Elastic unit Pop Band mengenalkan diri di Prambanan Jazz Cafe, Jalan Sidomukti Nomor 17, Tiyasan, Condongcatur, Depok, Selasa (18/7/2023). Digawangi tiga musisi kawakan, band ini hadir dengan kemasan fresh.

Elastic beranggotakan Doni Johan Saputro (penyanyi), mantan personel band Es Nanas & Seventeen, Teguh Diswanto (gitaris) mantan anggota Tiket Band, dan Yohanes Kiki Mirano (drummer) mantan Es Nanas & Cannonball. Band ini terbentuk secara resmi pada 21 Juni 2022.

Kehadiran Kiki berawal dari ajakan Doni, untuk mengisi kekosangan posisi drummer. Selepas berpisah dari band lama mereka, Doni sempat kembali dengan grup baru, sementara Teguh disibukkan dengan project di balik layarnya. Karya-karyanya sudah banyak dinikmati publik di antaranya dinyanyikan Bunga Citra Lestari 'Kecewa', Ari lasso 'Lirih', dan Judika 'Bukan Rayuan Gombal'.

1. Tampil lebih fresh dengan Elastic

Digawangi 3 Musisi Kawakan, Elastic Kenalkan Diri di JogjaBand Elastic. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Saat jumpa pers di Prambanan Jazz Cafe, Elastic tampil membawakan sebanyak delapan lagu. "Buat saya pribadi, saya sangat semangat. Petualangan baru, buat musik saya, buat kehidupan saya. Itu terlepas, atau tidak ada hubungan sama sekali dengan masa lalu," ujar Doni.

Doni mengibaratkan seperti perjalanan dengan sebuah kendaraan. Dirinya telah sampai tujuan, dan turun, kemudian naik kendaraan baru. "Saya naik kendaraan lain gitu, untuk menuju satu tujuan lagi, memulai satu perjalanan dan petualangan dari teman-teman dari Elastic," kata Doni.

2. Pengaruh Kiai Kanjeng dan Cak Nun

Digawangi 3 Musisi Kawakan, Elastic Kenalkan Diri di JogjaBand Elastic. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Doni yang menjadi bagian dari Kiai Kanjeng mengaku dipenharuhi Kiai Kanjeng, dan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun. "Sedikit banyak pengaruhnya, tulisan lirik, ide yang kayaknya dikasih ini enak, berdasarkan yang pernah saya alami di Kiai Kanjeng," ujar Doni.

Salah satu yang terlihat yaitu lagu 'Diluar Nalar', yang juga mengambil dari puisi Cak Nun di tahun 1977 berjudul Cirikan Saja. "Puisi Mbah Nun relate banget dengan lagu ini, padahal puisi itu dibuat tahun 1977. Ada garis merah bahwa usia sekedar angka, kalau kamu relate ya relate aja," ungkap Doni.

Baca Juga: Band Pop Punk Kulon Progo Karnamereka Kenalkan Album Baru, Fortune  

3. Launching album tengah disiapkan

Digawangi 3 Musisi Kawakan, Elastic Kenalkan Diri di JogjaBand Elastic. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Band asal kota Semarang ini sedang dalam proses penggarapan album yang akan di rilis pada tahun 2023 ini. Saat ini Elastic sudah merilis 2 single yang berjudul 'Mencari Kamu' dan 'Bukan Hanya Hari Ini' yang akan masuk ke album pertama mereka. Kedua lagu tersebut diharapkan menjadi daya gedor untuk menjadi kekuatan album.

Setelah sukses dengan dua lagu yang dirilis, Elastic akan menggelar acara untuk album pertamanya pada pertengahan tahun 2023. 

Baca Juga: Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya