Kebun Eduwisata Bendosari Sleman Diresmikan, Ajak Mahasiswa Berperan  

Para mahasiswa diajak mengembangkan eduwisata 

Sleman, IDN Times - Kabupaten Sleman memiliki destinasi wisata baru, Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Moyudan. Kebun Eduwisata Bendosari mengembangkan potensi baik di bidang pertanian, perkebunan dan pengolahan produk.

Pengembangan Eduwisata Bendosari ini merupakan hasil kolaborasi yang dilakukan antara Kelompok Tani Kalurahan Sumbersari dengan Yayasan Astra Honda Motor (AHM) dan UIN Sunan Kalijaga, melalui program berbasis pengabdian masyarakat.

 

1. Pengembangan kawasan berkelanjutan

Kebun Eduwisata Bendosari Sleman Diresmikan, Ajak Mahasiswa Berperan  Peresmian Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Moyudan. (Dok. Istimewa)

Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan kerja sama ini berfokus pada upaya pembangunan sebuah kawasan, dalam hal eduwisata yang berkelanjutan. "Kerja sama ini (pengembangan eduwisata) merupakan bagian dari rencana strategis melakukan upaya pembangunan di sebuah kawasan yang bisa berkelanjutan. Kata kuncinya adalah berkelanjutan," jelasnya, Selasa (18/7/2023).

Ia menyebut peresmian kawasan eduwisata tersebut menjadi permulaan dari program panjang yang dilakukan pihaknya bersama UIN Sunan Kalijaga dalam mengembangkan potensi Eduwisata Bendosari. 

2. Gandeng mahasiswa untuk ambil peran

Kebun Eduwisata Bendosari Sleman Diresmikan, Ajak Mahasiswa Berperan  Peresmian Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Moyudan. (Dok. Istimewa)

Dalam merealisasikan kerja sama tersebut, Ahmad mengungkapkan pihaknya telah mengumpulkan sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Yayasan AHM dari berbagai perguruan tinggi. Para mahasiswa itu melakukan program pengabdian di Eduwisata Bendosari.

"Mereka membantu mewujudkan apa yang menjadi keinginan Kelompok Tani Sumbersari dalam pengembangan eduwisata Bendosari. Kami juga melakukan penanaman berbagai jenis bibit buah di kawasan ini," ujar Ahmad.

Baca Juga: 7 Fakta Kasus Mutilasi Mahasiswa di Sleman Versi Polisi

3. Diharap bisa dioptimalkan oleh masyarakat

Kebun Eduwisata Bendosari Sleman Diresmikan, Ajak Mahasiswa Berperan  Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (Dok. Pemkab Sleman)

Bupati Sleman, Kustini menyampaikan apresiasi atas inisiasi UIN Sunan Kalijaga dan Yayasan Astra Honda Motor dalam memotori program pemberdayaan masyarakat di Kawasan Eduwisata Bendosari. Ia berharap program pemberdayaan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Kebun Eduwisata Bendosari dalam mengembangkan potensi baik di bidang pertanian, perkebunan dan pengolahan produk ke depannya.

"Saya juga berharap kerja sama ini dapat dikembangkan lebih lanjut bahkan dipraktikkan di wilayah-wilayah Sleman lain. Sebagaimana kita ketahui, Sleman memiliki bentang wilayah dan kekayaan demografi yang sangat menarik untuk dikembangkan," katanya. 

Baca Juga: Hokky Caraka Mengaku Belum Puas dengan Performanya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya