TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PPKM Level 4, Sleman Tak Lakukan Pengetatan Aktivitas Warga

Minta protokol kesehatan tetap dipatuhi

Sekretaris Daerah Sleman, Harda Kiswaya. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Sleman, IDN Times - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinyatakan berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 pada 8--14 Maret 2022 mendatang. Meski begitu, Kabupaten Sleman tidak melakukan pengetatan aktivitas masyarakat. 

"Pada PPKM Level 4 ini, kami tidak secara khusus melakukan pengetatan kegiatan masyarakat, namun kami minta masyarakat harus tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) secara ketat," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman, Harda Kiswaya, di Sleman pada Selasa (8/3/2022) dilansir Antara.

Baca Juga: PPKM Level 4 Mulai Berlaku di Jogja, Sekda Cemas Level Sulit Turun    

1. Sleman tempat lalu lalang pelaku perjalanan

ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Harda menyebut, penerapan PPKM Level 4 di Sleman terjadi lantaran kasus penularan COVID-19 yang cukup tinggi di Sleman selama beberapa waktu terakhir.

"Beberapa hari lalu kasus COVID-19 di Sleman cukup tinggi, bahkan kasus harian sampai menembus 1.000 kasus per hari," ungkapnya.

Tingginya kasus konfirmasi positif COVID-19 di Sleman, kata dia, salah satunya terjadi karena Sleman adalah tempat lalu lalang pelaku perjalanan.

"Kondisi ini yang memicu penularan dan penyebaran varian Omicron di Sleman," paparnya.

2. Sejumlah pelonggaran saat PPKM Level 4

Ilustrasi protokol kesehatan ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Lebih lanjut, Harda mengatakan dalam pelaksanaan PPKM Level 4 di Sleman, ada sejumlah pelonggaran. 

"Tidak ada kebijakan pengetatan aktivitas masyarakat selama penerapan PPKM Level 4, dapat dikatakan hampir sama dengan penerapan PPKM Level 3 yang sudah berjalan," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat saat ini telah memahami situasi pandemi, aktivitas sosial dan ekonomi tetap berjalan seperti biasa.

"Kondisi ini jangan disikapi dengan panik, tidak usah panik. Kuncinya tetap disiplin prokes dan perkuat imunitas. Vaksinasi semua dosis tetap dijalankan," pungkasnya.

Baca Juga: Harga Daging Ayam hingga Telur di Sleman Alami Kenaikan

Berita Terkini Lainnya