TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Kesiapsiagaan Bencana, RSUP Dr Sardjito Laksanakan Simulasi 

Simulasi untuk minimalkan jika terjadi bencana

Unsplash.com/Andrew Buchanan

Sleman, IDN Times - Bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada Jumat (26/4), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito mengadakan simulasi penanganan bencana bagi karyawan.

Simulasi tersebut berlangsung pukul 9 pagi dan diadakan di sekitar Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr. Sardjito.

Baca Juga: Hari Ini, Merapi Keluarkan Wedhus Gembel Hingga Tiga Kali

1. Setahun diadakan dua kali

siaga.bnpb.go.id

Penanggung jawab layanan keselamatan kerja RSUP Dr. Sardjito Ruwanto mengatakan pihaknya melakukan simulasi penanganan bencana minimal dua kali dalam setahun. Makanya, saat simulasi dilakukan pada Jumat (26/4), karyawan tidak merasakan kepanikan meski pengumuman soal kegiatan ini hanya diberitahukan kepada stakeholder.

2. Skenario simulasi penanganan bencana

Unsplash.com/Marcelo Leal

Ruwanto lebih lanjut menjelaskan skenario simulasi penanganan bencana kali ini diawali dengan pengaktifkan alarm gedung di RSUP Sardjito.

"Kemudian khusus yang di perkantoran kami anjurkan untuk melakukan evakuasi lalu kami melakukan briefing untuk evaluasi kira-kira selama evakuasi ada kendala atau tidak," jelasnya.

Ia kemudian mengatakan bahwa tangga darurat dan jalur evakuasi dalam kondisi baik sehingga bisa digunakan. Karyawan pun bisa keluar dalam waktu kurang dari tiga menit.

"Kendalanya dari anak-anak yang ada di Tempat Penitipan Anak. Mereka ada yang menangis atau ada yang ingin pakai sandal pas evakuasi. Padahal sebelumnya sudah gladi resik," katanya.

Baca Juga: Libatkan Warga Lokal, EWS di Bantul Jadi Pilot Project Nasional 

Berita Terkini Lainnya