Hari Ini, Merapi Keluarkan Wedhus Gembel Hingga Tiga Kali

Status Merapi tetap waspada

Sleman, IDN Times - Gunung Merapi hari ini, Rabu (24/4) mengeluarkan wedhus gembel hingga tiga kali. Wedhus gembel atau awan panas ini  keluar dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Awan panas terpantau meluncur hingga jarak 1,2 kilometer mengarah ke hulu kali Gendol.

Baca Juga: BPN Ungkap Hasil Pertemuan Antara Gatot dengan Prabowo

1. Keluarkan empat kali lava pijar

Hari Ini, Merapi Keluarkan Wedhus Gembel Hingga Tiga KaliIDN Times/Istimewa

Selain awan panas, Gunung Merapi hari ini juga terpantau mengeluarkan guguran lava pijar hingga 4 kali. Petugas Balai Penyelidikan dan Penegembangan Teknologi kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Heru Suparwaka mengatakan guguran lava terpantau dari CCTV dengan jarak luncur 600-800 meter menuju hulu kali Gendol.

2. Asap putih tebal di atas kawah membumbung setinggi 50 meter

Hari Ini, Merapi Keluarkan Wedhus Gembel Hingga Tiga KaliIDN Times/dwioblo

Heru menambahkan berdasarkan CCTV, asap putih yang berasal dari kawah Merapi terpantau hingga ketinggian 50 meter. 

"Dari pengamatan visual gunung terlihat jelas, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dengan ketinggian hingga 50 meter di atas puncak kawah.".

3. Status Merapi masih Waspada Level II‎

Hari Ini, Merapi Keluarkan Wedhus Gembel Hingga Tiga Kalitwitter.com/@BPPTKG

BPPTKG menyatakan hingga saat ini status Merapi masih berada pada level II atau waspada, sehingga rekomendasi aman tetap dalam radius 3 kilometer dari puncak Merapi.

"Tiga kilometer bebas dari aktivitas penduduk, kami harap masyarakat diminta mewaspadai bahaya lahar terutama saat hujan di sekitar puncak Merapi.

BPPTKG menghimbau agar masyarakat tidak terpengaruh dengan isu tidak benar dan selalu mengikuti arahan dari pemerintah setempat, BPBD atau BPTTKG Yogyakarta.

Baca Juga: Kota Ini Dianggap Paling Berbahaya di Dunia, Berani Datang?  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya