Libatkan Warga Lokal, EWS di Bantul Jadi Pilot Project Nasional 

EWS akan terkoneksi dari Banyuwangi hingga Sukabumi

Bantul, IDN Times – Alat pendeteksi dini atau Early Warning System (EWS) di sepanjang Pantai Selatan Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta akan dijadikan pilot project nasional. Keterlibatan masyarakat lokal menjadikan EWS di wilayah DIY itu nantinya akan dijadikan percontohan untuk sejumlah daerah lainnya.

Baca Juga: Hubungan Petinggi Bantul Terancam Retak

1. EWS di Banyuwangi hingga Sukabumi akan meniru EWS di Bantul.‎

Libatkan Warga Lokal, EWS di Bantul Jadi Pilot Project Nasional IDN Times/daruwaskita

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta Dwi Daryanto mengatakan EWS di daerah lain akan meniru alat pendeteksi dini yang ada di wilayahnya.
"Jadi nantinya EWS di beberapa titik dari Banyuwangi hingga Sukabumi akan dipasang EWS yang terintegrasi seperti yang ada di Bantul,"katanya disela-sela simulasi bencana tsunami di Pantai Kuwaru, Jumat (26/4).

2. EWS yang terintegrasi mempercepat informasi sampai ke masyarakat

Libatkan Warga Lokal, EWS di Bantul Jadi Pilot Project Nasional earthquakeguide

Dengan adanya EWS yang terintegrasi maka dimanapun bencana terjadi di pesisir selatan laut Jawa maka akan terkomunikasikan langsung dengan masyarakat.
"Masyarakat akan lebih dini tahu ancaman bencana yang dapat terjadi," ungkapnya.

3. EWS di Bantul tak butuh biaya banyak dalam perawatan‎

Libatkan Warga Lokal, EWS di Bantul Jadi Pilot Project Nasional IDN Times/Ita Malau

Dwi menyatakan EWS yang dipasang di sepanjang Pantai Selatan Bantul merupakan salah satu EWS lokal yang cukup tangguh dan dalam sisi pembiayaan serta perawatan karena tidak terlalu memakan biaya.
"Pemasangan EWS sangat diterima masyarakat. Selain itu masyarakat lokal juga dilibatkan sehingga menjadi alasan dijadikannya pilot project," terangnya.

4. Ada 8 EWS yang terpasang di sejumlah titik di sepanjang Pantai Selatan Bantul‎

Libatkan Warga Lokal, EWS di Bantul Jadi Pilot Project Nasional IDN Times/Daruwaskita

Di sepanjang pantai Selatan Bantul setidaknya terpasang 8 EWS. Seluruh alat pendeteksi dini itu sudah terhubung dengan 24 masjid yang ada di pesisir pantai. Jika ada bencana, peringatan akan langsung diterima masyarakat.
"Saya berharap dengan EWS pesisir pantai menjadi pilot project nasional maka kesadaran masyarakat akan bencana semakin meningkat termasuk antisipasi dampak terburuk dari bencana yang terjadi di Bantul," tuturnya.‎

Baca Juga: Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan di Bantul Menjadi 14 TPS

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya