TPA Piyungan Ditutup Forpi Temukan Sampah Menggunung

Pemkot Yogyakarta diminta tambah depo

Yogyakarta, IDN Times - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta menemukan tumpukan sampah di sejumlah tempat pada Kamis (27/7/2023), imbas penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan.
Penutupan TPA Piyungan Bantul berlaku sejak tanggal 23 Juli hingga 5 September 2023 mendatang.

1. Tumpukan sampah menggunung hingga ke pinggiran trotoar

TPA Piyungan Ditutup Forpi Temukan Sampah MenggunungTPA Piyungan Ditutup Forpi Temukan Sampah Menggunung di Jalan Munggur Kota Yogyakarta (Forpi Yogyakarta)

Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharudin Kamba, menjelaskan salah satu pemantauan yang dilakukan yakni di Jalan Munggur, Kota Yogyakarta. Tampak tumpukan sampah yang menggunung hingga ke pinggir jalan trotoar.
Bahkan sampah-sampah tersebut menutupi ruang garasi pemilik rumah. Akibat dari tumpukan sampah muncul bau tidak sedap dan banyak belatung. Selain itu banyak sampah-sampah hingga ke jalan trotoar.

“Meski sudah ada tulisan larangan membuang sampah di lokasi tersebut, tumpukan sampah menggunung tak terhindarkan,” kata Baharuddin Kamba.

2. Forpi temukan warga buang sampah sembarangan

TPA Piyungan Ditutup Forpi Temukan Sampah MenggunungAnggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut Kamba, dari hasil pemantauan Forpi Kota Yogyakarta pada tahun sebelumnya, lokasi ini dijadikan langganan membuang sampah. Khususnya saat TPA Piyungan, Bantul, ditutup. “Saat tim Forpi Kota Yogyakarta berada di lokasi, terciduk seorang warga membuang sampah di lokasi tersebut dengan menggunakan sepeda motor matik,” ujarnya.

Baca Juga: Piyungan Dibuka Terbatas, Tampung 100 Ton Sampah dari Kota Yogyakarta 

3. Pemkot Yogyakarta diminta menambah depo

TPA Piyungan Ditutup Forpi Temukan Sampah MenggunungDepo sampah di Mergangsan, Kota Yogyakarta, Minggu (23/7/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kamba berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pemerintah Kota Yogyakarta menemukan lokasi tempat penitipan sampah meskipun sifatnya sementara. Dan menambah membuka depo-depo sampah yang lokasinya sering dijadikan tempat pembuangan sampah. “Sembari menunggu TPA Piyungan Bantul dibuka.”

Selain itu di lokasi tersebut dipasang CCTV karena sering dijadikan langganan membuang sampah. Sampah yang menggunung di lokasi itu segera diambil oleh dinas terkait agar tidak semakin banyak dan tidak menimbulkan bau. Mengingat lokasi tersebut terdapat sekolah.

Baca Juga: Maggot di Mendungan Jogja, Ubah Sampah Organik Jadi Bernilai

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya