TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada yang Beda di PPDB SMA 2019, Calon Siswa Dapat Memilih Tiga Sekolah

Ketentuan ini berdasarkan peraturan Kepala Dinas

IDN Times/Nindias Khalika

Yogyakarta, IDN TImes - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMA dan SMK di Yogyakarta akan berlangsung pada 24 hingga 26 Juni mendatang. Sesuai Petunjuk Teknis PPDB Online SMA dan SMK Negeri DIY Tahun 2019/2020, calon siswa SMA tahun ini dapat memilih maksimal tiga pilihan peminatan di satu sekolah atau sekolah berbeda di Zona Satu. Peminatan yang dimaksud mencakup Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa dan Budaya.

Baca Juga: Siap-Siap Nongkrong, Street Art Akan Ramaikan Malioboro Pedestrian 

Baca Juga: Ubud Bali Menjadi Seni Santap Makanan Kelas Dunia 

1. Berubah karena ada masukan

kominfo.go.id/

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji mengatakan sebelumnya calon siswa hanya bisa memilih satu sekolah di Zona Satu.

"Kami lalu dapat masukan dari ORI DIY dan DPRD. Ada saran yang menyebutkan sebaiknya untuk tahun ini zonasinya diperluas. Alasannya karena sebagian besar masyarakat tak siap melaksanakan PPDB zonasi secara utuh," katanya.

2. Bisa memilih tiga sekolah di Zona Satu

sman2mandau.sch.id

Ia mengatakan kelak calon siswa dapat memilih maksimal tiga pilihan peminatan di satu sekolah atau sekolah berbeda di Zona Satu saat mengikuti PPDB online.

"Sekarang ini ada revisi terhadap peraturan kepala dinas yg semula satu kelurahan satu sekolah itu berubah. Khusus untuk SMA itu satu kelurahan itu memiliki tiga Zona Satu SMA negeri. Jadi nanti jalur zonasi itu anak masih bisa memilih lebih dr satu sekolah bahkan tiga sekolah," ucapnya.

Ia mencontohkan calon murid yang berasal dari Kelurahan Terban memiliki SMA Zona Satu tak hanya SMA N 6 tapi juga SMA N 3 dan SMA N 9.

"Zona yang ada di peraturan Kepala DInas yang awal tidak berubah. Jadi misalnya Terban punya Zona Satu SMA N 6, Kotabaru punya Zona Satu SMA N 3. Itu tidak berubah tapi ditambah. Jadi misalnya Terban bukan hanya di SMA N 6 tapi di SMA N 9 dan SMA N 3," jelasnya. 

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Dlingo Turun Karena Jalan Ditutup

Berita Terkini Lainnya