Festival Seribu Candi Digelar di Prambanan, Simak Agendanya

Dorong kecintaan pada budaya lokal

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar Festival Seribu Candi di Kompleks Candi Prambanan, pada Selasa (11/7/2023) hingga Kamis (13/7/2023). Festival Seribu Candi sebagai upaya pelestarian warisan budaya serta menjaga warisan leluhur.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyebut kekayaan budaya ini menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga dan mempromosikannya. "Melalui penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan, pelestarian dan juga upaya peningkatan apresiasi masyarakat terhadap seni dan warisan budaya yang ada di Sleman," kata Kustini.

1. Menggugah kesadaran mencintai budaya lokal

Festival Seribu Candi Digelar di Prambanan, Simak AgendanyaCandi Prambanan. (Dok. Istimewa)

Kustini menyebut penyelenggaraan Festival Seribu Candi ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus mencintai budaya lokal. "Sehingga dapat mewujudkan karakter luhur bagi masyarakat dan generasi budaya di tengah-tengah peradaban global," kata Kustini.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Edy Winarya, menyebut event ini bertujuan untuk mempromosikan Warisan Budaya Tak Benda yang ada di Kabupaten Sleman yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Di antaranya Seni Pertunjukan Langentoyo, Transportasi Tradisional Gerobak Sapi, Seni Pertunjukan Wayang Topeng Pedalangan, Seni Pertunjukan Wayang Wong Gaya Yogyakarta dan pameran keris.

2. Kegaiatan di acara festival seribu candi

Festival Seribu Candi Digelar di Prambanan, Simak AgendanyaPembukaan Festival Seribu Candi, di Candi Prambanan, Selasa (11/7/2023). (Dok. Istimewa)

Festival Seribu Candi dilaksanakan di Kompleks Candi Prambanan mulai tanggal 11 - 13 Juli 2023, digelar mulai pukul 10.00 hingga pukul 16.30 WIB.

Dalam festival tersebut juga diadakan Gelar Apresiasi Budaya melalui Wayang Kulit kepada siswa pada hari Kamis (13/7/2023), pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB, persembahan dari SD Negeri Malangrejo. Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan falsafah luhur budaya Jawa sebagai bentuk penanaman nilai luhur agar dapat diketahui oleh generasi muda saat ini, yang kemudian diharapkan dapat mempengaruhi perilaku di masyarakat. 

Baca Juga: Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

3. Penyerahan SK dan penghargaan

Festival Seribu Candi Digelar di Prambanan, Simak AgendanyaPembukaan Festival Seribu Candi, di Candi Prambanan, Selasa (11/7/2023). (Dok. Istimewa)

Dalam acara pembukaan Festival Seribu Candi, Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati Cagar Budaya Peringkat Kabupaten tahun 2022 kepada 25 cagar budaya yang ada di Kabupaten Sleman. Selain itu diserahkan pula Penghargaan Pembinaan Kebersihan dan Kerapihan Cagar Budaya Milik Pribadi kepada 4 orang dengan uang pembinaan masing-masing Rp15 juta.

Baca Juga: Hujan Gerimis, Animo Penonton Prambanan Jazz Festival Tak Surut

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya