Grebeg UMKM DIY 2023 Dibuka, Dorong UMKM Tembus Pasar Global

Grebeg UMKM 2023 digelar pada 11-16 Juli 

Sleman, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KPw BI DIY) menggelar Grebeg UMKM DIY 2023. Tema yang diusung adalah 'Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Pengembangan UMKM menuju DIY sebagai Episentrum UMKM Global'. Grebeg UMKM DIY digelar dalam rangka meningkatkan sinergi, kreativitas, dan digitalisasi UMKM lokal agar lebih inovatif dalam menembus pasar global.

Grebeg UMKM DIY 2023 merupakan strategic flagship event yang diinisiasi oleh KPw BI DIY sejak tahun 2017, bersinergi dengan Pemda DIY, Dekranasda DIY, maupun stakeholders terkait. Memasuki tahun ke-7, gelaran ini terasa lebih spesial karena menjadi bagian dari side event Keketuaan ASEAN 2023.

1. Dorong pengembangan UMKM

Grebeg UMKM DIY 2023 Dibuka, Dorong UMKM Tembus Pasar GlobalDeputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, menjelaskan bahwa BI senantiasa mendorong pengembangan UMKM naik kelas dengan tetap berpegangan pada 3 pilar. Tiga pilar yang dimaksud yaitu penguatan korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan peningkatan akses pembiayaan.

"Lebih lanjut, Bank Indonesia juga mengembangkan strategi untuk meningkatkan UMKM berkinerja ekspor dan peningkatan digitalisasi UMKM hulu dan hilir melalui program e-farming, e-commerce, dan e-financing support,” kata Filianingsih saat pembukaan Grebeg UMKM DIY 2023 di Pakuwon Mall Yogyakarta, Selasa (11/7/2023).

2. Dukung UMKM go digital dan naik kelas

Grebeg UMKM DIY 2023 Dibuka, Dorong UMKM Tembus Pasar GlobalRangkaian pembukaan Grebeg UMKM DIY, di Pakuwon Mall Yogyakarta, Selasa (11/7/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang diwakili oleh Asisten II Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY, Tri Saktiyana, menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia khususnya KPw BI DIY dalam konsistensinya untuk mendorong UMKM DIY naik kelas. Pemda DIY disebutnya mendukung segala upaya sinergi dalam mendorong UMKM go digital, dan naik kelas menuju DIY sebagai episentrum UMKM Global.

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,  Sandiaga Salahuddin Uno, turut menyampaikan apresiasi kegiatan Grebeg UMKM DIY yang diinisiasi oleh KPw BI DIY.

“Event ini diharapkan dapat membuka potensi business matching baru untuk UMKM, dan menjadi sarana bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing dari sisi akses pasar dan permodalan menuju perluasan jaringan produksi global (Global Value Chain),” ujar Sandiaga.

Baca Juga: BI: Ekraf Indonesia Hanya Kalah dari Hollywood, KPop, dan Drakor

3. Rangkaian kegiatan Grebeg UMKM DIY 2023

Grebeg UMKM DIY 2023 Dibuka, Dorong UMKM Tembus Pasar GlobalRangkaian pembukaan Grebeg UMKM DIY, di Pakuwon Mall Yogyakarta, Selasa (11/7/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Rangkaian selebrasi Grebeg UMKM DIY 2023 diselenggarakan pada 11–16 Juli 2023 di Grand Atrium Mall Pakuwon Yogyakarta. Acara ini meliputi Pameran Grebeg UMKM DIY diikuti oleh UMKM bidang fashion, food & craft binaan KPw BI DIY, KPw BI Wilayah Jawa (Jawa Tengah, Purwokerto, Solo, dan Tegal), Dekranasda DIY dan Dinas terkait. Lalu, ada juga Jogja Fashion Trend (JFT) 2023 dengan tema 'Unity in Diversity', yang mempromosikan busana etnik Indonesia dengan keberagaman budayanya melalui kemasan modern dan kontemporer menuju pasar global.

Ada juga Capacity Building on ASEAN Issues untuk Stakeholder Daerah, talkshow UMKM dan Digitalisasi Pembayaran. Lalu, Bincang Millenial CBP Rupiah, Sosialisasi CBP dan QRIS, Bussines Matching (BM) Pembiayaan, serta berbagai perlombaan meliputi lomba barista, lomba rangking 1 GenBI, lomba Stand Up Comedy, lomba mewarnai CBP Anak, dan Lomba Bankers Next Top Model. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Kick Off Program Dekranasda Capacity Building Kontemporer Batik Millenial yang merupakan kolaborasi KPw BI DIY dengan Dekranasda DIY . 

Baca Juga: Kembangkan Ekonomi Kreatif, Grebeg UMKM Bakal Diadakan di Bulan Juli  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya