Kembangkan Ekonomi Kreatif, Grebeg UMKM Bakal Diadakan di Bulan Juli  

Grebeg UMKM dimulai 11 Juli hingga 16 Juli 2023

Yogyakarta, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta (Kpw BI Yogyakarta) bakal menyelenggarakan kegiatan Grebeg UMKM 2023 di Pakuwon Mall Yogyakarta dan Hotel Tentrem Yogyakarta, pada Selasa (11/7/2023) hingga Minggu (16/7/2023) mendatang. Grebeg UMKM 2023 mengusung tema 'Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Pengembangan UMKM menuju DIY sebagai Episentrum UMKM Global'.

“Sektor pariwisata dan sektor UMKM memegang peranan yang cukup mendominasi bagi perekonomian DIY. Berkenaan dengan hal tersebut, besar harapan kami, event Grebeg UMKM DIY 2023 dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pelaku bisnis baik fashion, food, maupun craft di DIY dan sekitarnya, serta dapat memberikan dampak positif bagi percepatan pemulihan perekonomian DIY,” kata Kpw BI Yogyakarta, Budiharto Setyawan, Kamis (15/6/2023).

1. Rangkaian acara grebeg UMKM DIY

Kembangkan Ekonomi Kreatif, Grebeg UMKM Bakal Diadakan di Bulan Juli  Soft Opening Grebeg UMKM 2023. (Dok. Istimewa)

Selebrasi Grebeg UMKM DIY 2023 di Mall Pakuwon Yogyakarta dan Hotel Tentrem akan diisi dengan rangkaian acara meliputi gelaran fashion show 'Jogja Fashion Trend 2023' dengan tema Unity in Diversity, pameran Grebeg UMKM, serta Capacity Building Kontemporer Batik Millenial.

"Akan ada talkshow UMKM dan digitalisasi pembayaran. Bussiness Matching (BM) pembiayaan. Jogja Economic Forum 2023, ASEAN Public Lecturer Series, berbagai kompetisi sebagai bagian dari Road to Fesyar, serta Sosialisasi CBP dan QRIS," ungkap Budiharto.

2. Grebeg UMK untuk pengembangan ekonomi kreatif di DIY

Kembangkan Ekonomi Kreatif, Grebeg UMKM Bakal Diadakan di Bulan Juli  Soft Opening Grebeg UMKM 2023. (Dok. Istimewa)

Grebeg UMKM DIY 2023 merupakan Sinergi Flagship Program (SFP) Kpw BI Yogyakarta yang sudah dilaksanakan dalam 7 tahun terakhir. Hal ini sebagai salah satu perwujudan kontribusi dalam mengimplementasikan bauran kebijakan utama Bank Indonesia-Nasional di daerah secara terintegrasi yang berbasis stability, growth, & inclusion.

Grebeg UMKM DIY 2023 juga merupakan bagian dari mendukung Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023, Gernas Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gernas Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), Festival Ekonomi Syariah (FESyar) dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), serta merupakan salah satu side event dari ASEAN Chairmanship 2023.

"Grebeg UMKM DIY 2023 sebagai wujud kontribusi nyata pengembangan ekonomi kreatif di Jogja. Diharapkan gelaran Grebeg UMKM DIY 2023 dapat semakin mempererat konsistensi dan sinergi antar lembaga sebagai bentuk kontribusi nyata untuk memajukan ekonomi DIY yang berkelanjutan," kata Budiharto.

Baca Juga: 5 Brand Fashion Ternama Cuma Ada di Pakuwon Mall Jogja, KKV Jadi Idola

3. Soft opening Grebeg UMKM

Kembangkan Ekonomi Kreatif, Grebeg UMKM Bakal Diadakan di Bulan Juli  Soft Opening Grebeg UMKM 2023. (Dok. Istimewa)

Soft opening Grebeg UMKM DIY 2023 dilaksanakan secara offline di Gedung Heritage, Kpw BI Yogyakarta pada Rabu (14/6/2023), diawali dengan fashion show dari beberapa designer. Rangkaian Grebeg UMKM DIY 2023 sendiri telah dimulai sejak bulan Februari 2023. Kegiatan dimulai dari pelaksanaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang bekerjasama dengan Pemda DIY serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) RI. 

Baca Juga: 8 Cafe dan Restoran Baru di Pakuwon Mall Jogja, Bikin Ngiler!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya