Libur Sekolah, Bantul Raup Pendapatan hingga Rp2 Miliar

Malam 1 Suro diharapkan dongkrak kunjungan wisata

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul selama libur panjang sekolah mulai tanggal 16 Juni hingga 9 Juli 2023, menerima pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp2,01 miliar.

 

1. Kunjungan wisata terbanyak mulai 26 Juni hingga 2 Juli 2023‎

Libur Sekolah, Bantul Raup Pendapatan hingga Rp2 MiliarIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan kunjungan wisatawan paling banyak terjadi mulai tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2023. Jumlah wisatawan mencapai 70.396 orang dengan pemasukan PAD mencapai Rp681,5 juta.‎

"Melonjaknya kunjungan wisata juga bertepatan dengan libur dan cuti bersama Iduladha," katanya, Rabu (12/7/2023).‎

Selanjutnya menjelang berakhirnya libur panjang sekolah pada tanggal 3-9 Juli 2023, kunjungan wisata mencapai 60.350 orang dengan pemasukan PAD sebesar Rp582,2 juta. Sedangkan kunjungan wisata pada 19-25 Juni sebanyak 54.526 dengan pemasukan PAD Rp528,7 juta.

"Pada awal libur panjang sekolah yakni tanggal 16-18 Juni 2023, jumlah kunjungan wisata mencapai 28.849 orang dengan pemasukan PAD mencapai Rp278,9 juta," ungkapnya.

2. Jembatan Kretek 2 dibuka, berpotensi turunkan jumlah PAD

Libur Sekolah, Bantul Raup Pendapatan hingga Rp2 MiliarSuasana ngabuburit di Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Diakui pria yang disapa akrab Ipung ini dibukanya Jembatan Kretek 2 yang menghubungkan pantai selatan sisi timur dan barat Bantul, berpotensi terjadi penurunan pendapatan dari retribusi.

"Sebab wisatawan yang berkunjung ke pantai timur Bantul seperti Pantai Parangtritis atau Pantai Depok tak perlu lagi membayar retribusi tiket masuk objek wisata di pantai sisi barat Bantul. Jadi wisatawan hanya membayar sekali tiket retribusi masuk objek wisata sudah bisa menikmati seluruh objek wisata pantai selatan Bantul," ungkapnya.

Ipung mengatakan Dispar Bantul berupaya mengoptimalkan pemasukan dari tiket retribusi dengan mendirikan tempat pemungutan retribusi (TPR) darurat.

Baca Juga: 13 Tempat Camping di Bantul, Lengkap dengan Alamat, Harga, Keunggulan

3. Malam 1 Suro diharapkan dongkrak kunjungan wisatawan

Libur Sekolah, Bantul Raup Pendapatan hingga Rp2 MiliarIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Ipung berharap libur 1 Suro pada tanggal 19 Juli 2023, akan mendongkrak kunjungan wisata ke pantai. Biasanya banyak kegiatan ritual yang dilakukan warga di Pantai Parangkusumo.

"Kami tak berharap banyak terkait pemasukan dari tiket retribusi masuk objek wisata, sebab warga lokal melaksanakan ritual malam 1 Suro dan terkadang tidak ditarik tiket retribusi masuk objek wisata," tandasnya.‎

Baca Juga: 5 Tempat Makan dekat Jembatan Kretek II Bantul, Serba Seafood

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya