TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polres Bantul Sisir Tempat Nongkrong Geng Pelajar yang Bikin Resah

Polres Bantul komitmen bubarkan geng-geng sekolah 

Polisi sisir lokasi yang digunakan nongkrong oleh geng pelajar di Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Bantul, IDN Times - Polres Bantul terus berupaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama mengantisipasi kejahatan jalanan atau yang biasa disebut klitih. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan penyisiran di lokasi yang diduga menjadi basecamp geng 'Morenza” yang berlokasi di Rumah Toko (Ruko) wilayah Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul.

"Melaksanakan kegiatan penyisiran dan pembersihan terhadap tempat yang diduga sebagai tempat berkumpulnya geng anak-anak Morenza," kata Kasih Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (25/5/2023).

1. Libatkan Ketua RT hingga tokoh agama

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry (kiri). (Dok. Polres Bantul)

Dalam kegiatan tersebut, pihak kepolisian turut melibatkan unsur masyarakat lainnya. Mulai dari Dukuh, para ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga petugas keamanan. Hingga kini belum ditemukan senjata tajam yang biasanya digunakan dalam aksi tawuran.

"Untuk hasil sajam maupun benda mencurigakan lainnya yang digunakan untuk tawuran belum ditemukan," ujar Jeffry.

Baca Juga: Bejat, Pria di Bantul Diduga Perkosa Anak Tirinya yang Masih SD

2. Warga bubarkan remaja yang berkumpul saat malam jika bukan warga asli

Polisi datangi TKP klitih. (Dok. Polres Bantul)

Sementara itu, Dukuh Salakan, Ilham, menjelaskan dirinya bersama warga Salakan ikut menjaga wilayahnya khususnya di tempat makan yang kerap kali menjadi tempat tongkrongan remaja atau ruko yang menjadi titik kumpul. 

Ilham juga menerangkan apabila ada kerumunan atau tongkrongan yang bukan warganya di jam malam selalu dibubarkan oleh warganya. Ia juga sangat menyayangkan ketika wilayahnya disebut-sebut sebagai tempat titik kumpul pelaku kejahatan. 

“Kami akan mengoptimalkan pengawasan lingkungan, karena menjaga nama baik dusunnya juga menjadi tanggung jawab kami, warga dusun Salakan,” katanya.

Baca Juga: Serang Pemotor, 2 Pelaku Klitih di Bantul Ditangkap Warga

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya