TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gelombang Tinggi, Nelayan Pantai Samas Tak Bisa Berlebaran

Gelombang tinggi berlangsung hingga H+2 Lebaran 

Ilustrasi gelombang tinggi di pantai selatan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Gelombang tinggi yang terjadi belakangan ini di pantai selatan Kabupaten Bantul menyebabkan nelayan tak bisa melaut. Harapan mereka untuk merayakan Lebaran dengan hasil dari melaut pun sirna.

1. Satu minggu terakhir ini nelayan Pantai Samas tak melaut‎

Ilustrasi nelayan di Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu nelayan Pantai Samas, Hadi, mengatakan gelombang tinggi yang terjadi di pantai selatan Bantul diperkirakan akan berlangsung hingga Lebaran. Akibatnya nelayan sama sekali tidak bisa melaut dan tidak punya penghasilan untuk merayakan Lebaran.

"Prakiraan cuaca, gelombang pasang terjadi hingga H+2 Lebaran, praktis nelayan di Pantai Samas paceklik rezeki," ujarnya, Minggu (16/4/2023).

Hadi mengaku, satu pekan yang lalu nelayan masih bisa melaut. Namun, hasilnya juga tak bisa diharapkan. Hanya nelayan yang memiliki jaring kanyut (jaring untuk menangkap udang laut atau jerbung) yang masih mendapatkan tangkapan udang.

"Tapi sayangnya hanya beberapa nelayan saja yang memiliki jaring kanyut. Praktis yang tidak memiliki jaring kanyut tak melaut sebab tangkapan ikan dengan jaring jenis lainnya tak mendapatkan hasil alias nombok,"ungkapnya.

Baca Juga: Nasib Nelayan Bantul Berpacu dengan Alam, Susah Payah Cari Cuan    

2. Memilih untuk menggarap lahan pertanian namun belum bisa dipanen jelang Lebaran‎

Tanaman bawang merah di lahan pasir.(IDN Times/Daruwaskita)

Kondisi gelombang laut yang tak bersahabat ini menyebabkan Hadi memilih untuk menggarap lahan pertanian yang dimilikinya. Meski begitu, tanaman yang saat ini dibudidayakan masih belum bisa dipanen jelang Lebaran mendatang.

"Ada tanaman kacang di lahan pasir namun belum musimnya panen jelang Lebaran ini. Ya praktis mau Lebaran dengan uang apa?" keluhnya.

Baca Juga: Ikan Tak Lagi Diharapkan, Nelayan Bantul Nyambi Jadi Petani dan Dagang

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya