TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pola Penularan COVID di DIY Berubah, Tenaga Medis Kewalahan  

Penularan terjadi saat kumpul dan makan bersama  

Ilustrasi tenaga medis COVID-19 saat mengenakan APD, termasuk masker. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Kota Yogyakarta, IDN Times - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengaku penularan COVID-19 telah mengalami perubahan. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie, menyatakan pola penularan COVID-19 meluas dari perorangan ke penularan komunitas.

 

 

 

1. Tenaga medis kewalahan melakukan tracing

Ilustrasi tenaga medis mengenakan APD. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Menurut Pembajun, pelacakan kontak erat COVID-19 di DIY tidak mudah dilakukan. Pasalnya, satu orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 bisa memiliki 10 sampai 15 kontak erat.

Meski demikian, strategi penelusuran kontak erat, dipastikan Pembajun tidak dilakukan berdasarkan asumsi, namun tetap dengan mencatat jejak perjalanan seseorang yang terkonfirmasi, bahkan orang-orang terdekat juga harus dilakukan tracing.

"Sebenarnya bukan sulit dilacak tetapi karena banyak yang harus di-tracing sehingga kami kewalahan," ujar Pembajun.

Baca Juga: 41 Santri di Pondok Pesantren Sleman Positif Terpapar COVID-19

1. Penularan terjadi saat kumpul dan makan bersama

pixabay.com/Free-Photos

Menurut Pembajun, penularan bisa terjadi di level komunitas seperti hasil penelitian yang menyebutkan penyebaran virus SARS-CoV-2 tidak hanya melalui droplet (cipratan) tetapi bisa melalui partikel halus yang terbawa angin.

Pembajun mengatakan penularan disebut meluas melalui komunitas atau populasi karena sudah terjadi di tempat-tempat kerumunan yang minim penerapan jaga jarak fisik.

"Misalnya saat makan-makan, minimal tidak usah ngobrol. Saat makan, makan saja. Nanti kalau selesai baru ngobrol pakai masker. Ini yang kadang lupa," ujar Pembajun seperti dilansir dari ANTARA pada Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: Awal Musim Hujan di DIY Diprediksi Terjadi Pertengahan Bulan Oktober 

Berita Terkini Lainnya