TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Periksa Daging di Pasar, Petugas Temukan Daging Tak Layak Jual 

Pemeriksaan untuk antisipasi penjualan daging tiren

Pemeriksaan daging ayam di Pasar Bantul oleh petugas dari DKPP Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul menemukan daging sapi dan ayam yang tingkat keasamannya di atas normal. Temuan terjadi saat pemeriksaan di pasar tradisional Bantul.

Baca Juga: Pembuat Bakso Ayam Tiren di Bantul Mengaku Senang Ditangkap

Baca Juga: Pabrik Bakso Ayam Tiren di Bantul Digerebek Polisi

1. Ditemukan daging yang diatas ambang batas keasaman masih dijual‎

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, DKPP Bantul, Kusumandari,

Daging diperiksa menggunakan alat PH meter digital untuk memastikan daging sapi yang dijual memiliki tingkat keasaman tidak melebihi ambang batas aman yang ditentukan yakni antara 4,5 hingga 5,5.

"Jadi ada satu daging sapi dan ayam yang kita ambil sampelnya untuk dikirim ke BBVet Wates Jika daging tersebut tidak layak konsumsi atau sudah rusak, maka kita akan lakukan pembinaan kepada para pedagang yang menjual daging tersebut," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kusumandari, Rabu (2/2/2022).

2. Petugas temukan daging yang tidak layak jual

Bakso dari daging sapi dan ayam tak luput diperiksa oleh petugas dari DKPP Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Kusumandari, dari hasil pemeriksaan ditemukan beberapa daging terlihat tidak layak dijual. Terlebih saat  petugas mengecek menggunakan alat, tingkat keasaman melebihi ambang batas yang ditentukan.

"Tadi kita menemukan ada daging yang tingkat keasamannya lebih dari enam sehingga sampel daging kita minta. Kepada pedagang, daging tersebut kita minta tidak dijual," ungkapnya.

Berita Terkini Lainnya