Comscore Tracker

Pabrik Bakso Ayam Tiren di Bantul Digerebek Polisi

Pelaku memproduksi bakso dari daging ayam sejak tahun 2018

Bantul, IDN Times - ‎Petugas gabungan dari Polres Bantul, Polsek Pleret, dan Dinas Kesehatan Bantul, melakukan penggerebekan salah satu rumah warga di Padukuhan Ponggok II, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul. Rumah tersebut diduga menjadi tempat pembuatan bakso dari daging ayam tiren.

Baca Juga: Mulut Penuh Sampah, Bangkai Penyu Ditemukan di Pantai Bantul

1. Penggrebegan sekitar pukul 11.30 WIB‎

Pabrik Bakso Ayam Tiren di Bantul Digerebek PolisiIlustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

‎Dukuh Ponggok II, Fajar Gunadi, membenarkan adanya penggerebekan oleh petugas gabungan pada Jumat (21/1/2022) kemarin.

"Sekitar jam 11.30 WIB saya diminta mendampingi Polsek Pleret dan Polres Bantul ke salah satu rumah di RT 2, Padukuhan Ponggok," katanya, Sabtu (22/1/2022).

2. Bakso dari daging ayam tiren diambil sejumlah pedagang pasar untuk dijual kembali‎

Pabrik Bakso Ayam Tiren di Bantul Digerebek PolisiIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Terkait alasan kedatangan tim gabungan ke salah satu warganya, Fajar menjelaskan karena pengembangan kasus di wilayah Pleret. Di mana kasus itu adalah penggunaan ayam tiren untuk olahan bakso.

"Kedatangan polisi kemarin itu karena dugaan penggunaan ayam tiren yang diolah menjadi bakso yang diambil oleh para pedagang. Bakso dari ayam tiren ini biasanya diambil dari pedagang-pedang dari Pasar Giwangan, Pasar Demangan, dan Pasar Kranggan," ucapnya.

Sedangkan barang bukti yang diamankan oleh petugas gabungan kata Fajar cukup banyak. Bahkan ada beberapa ayam tiren yang turut diamankan oleh petugas dibawa oleh petugas.

"Temuan pertama dari Dinkes itu bakso jadi, adonan dan bumbu bakso. Selanjutnya mesin penggiling, kompor gas, kipas angin, papan pengering dan bentuk ayam utuh juga beberapa potong daging ayam," terangnya.

Baca Juga: Cari Kayu Bakar, Ngatijan Hanyut dan Hilang di Sungai Celeng Bantul

3. Pelaku membuat bakso sejak tahun 2018 yang lalu

Pabrik Bakso Ayam Tiren di Bantul Digerebek Polisiilustrasi bakso seafood (pixabay.com)

Fajar menjelaskan warga berinisial H sudah melakukan usaha membua bakso cukup lama namun dirinya tak menyangka jika bakso itu menggunakan bahan baku dari ayam tiren.

"Ndak tahu, tahunya yang bersangkutan jualan bakso dan itu produksi rumahan. Kalau usahanya dimulai tahun 2018," ungkapnya.

Setelah terjadi penggerebekan, Fajar mengaku warganya turut diamankan oleh tim gabungan dan dibawa ke Polsek sekitar pukul 14.30 WIB.‎

"Setelah dari Polsek saya tidak tahu kelanjutannya," katanya.

4. Polisi benarkan adanya penggrebegan pembuatan bakso dari daging ayam tiren‎

Pabrik Bakso Ayam Tiren di Bantul Digerebek PolisiKasat Reskrim Polres Bantul, AKP Archye Nevada(tengah).(doc. Polres Bantul)

Kapolsek Pleret, AKP Tukimin membenarkan adanya penggerebekan tersebut, namun Tukirin menyebut kasus tersebut kini ditangani Polres Bantul.

"Iya ada penggerebekan, pembuatan bakso dari ayam tiren. Tap kasusnya kini ditangani Polres Bantul," ucapnya.

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Archye Nevadha mengatakan kasus tersebut masih didalami penyidik dan untuk detailnya akan dijelaskan pada Senin (24/1/2022) yang akan datang.

"Masih dalam pemeriksaan, besuk Senin akan kita jelaskan semua," katanya.‎

Baca Juga: Palak Pelajar di Bantul, 5 Remaja Diciduk Polisi‎

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya