TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Fraksi di DPRD Bantul Isyaratkan Adanya Kocokan Alkap

Berharap pembagian pimpinan alkap proporsional

Kantor DPRD Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Empat dari tujuh fraksi yang ada di DPRD Bantul memberikan sinyal bakal akan ada kocokan ulang alat kelengkapan (alkap). Empat alkap yang memberikan sinyal kocokan ulang alkap di antaranya Fraksi PDI Perjuangan, Gerindra, PKS dan Partai Golkar.

Baca Juga: 7 Calon Wisatawan di Dlingo Bantul Ketahuan Positif COVID-19

1. Kocokan alkap kinerja anggota DPRD akan lebih baik‎

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Fraksi PDIP, Suratman, mengatakan kocokan ulang adalah yang wajar karena sudah diatur dalam tata tertib DPRD Bantul. Yakni, pergantian alkap dapat dilakukan maksimal separuh dari masa kerja DPRD atau 2,5 tahun.

"Ya memang dari komunikasi non formal dengan sejumlah fraksi di DPRD Bantul memang menginginkan adanya kocokan ulang alkap," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (4/11/2021).

Bagi Fraksi PDIP yang memiliki 11 kursi ini jika nantinya kocokan ulang dilakukan harapannya proporsional yang artinya semua fraksi diakomodasi untuk memiliki perwakilan sebagai pimpinan di alkap baik ketua, wakil ketua atau sekretaris.

"Harapannya kalau semua fraksi punya perwakilan sebagai pimpinan kinerja dari alkap lebih optimal,"ungkap politisi asal Kapanewon Imogiri ini.‎

2. Sejumlah fraksi sudah sepakat adanya kocokan alkap

Wakil Ketua 1 DPRD Bantul, Nur Subiantoro

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Bantul sekaligus anggota Fraksi Gerindra, Nur Subiantoro, mengaku sudah ada perbincangan dengan beberapa fraksi yang sepakat adanya kocokan alkap paling lambat bulan Februari atau tepat 2,5 tahun masa kerja anggota DPRD Bantul periode 2019-2024.

"Koalisi faksi di DPRD belum tentu sama dengan koalisi partai pemenang pilkada Bantul 2020 yang lalu. Demikian pula koalisi fraksi pada alkap belum tentunya nantinya akan berlanjut untuk koalisi pada pilkada 2024 yang akan datang," ujarnya.

"Yang jelas sudah ada komunikasi dengan enam fraksi dari tujuh fraksi yang ada di DPRD Bantul untuk menggolkan kocokan alkap," tambahnya lagi.

Baca Juga: Ngaku Salah Telah Bikin Gaduh, Pemilik Litto Beri Klarifikasi

Berita Terkini Lainnya