Prosesi Nikah Kaesang-Erina di Jogja Mulai 8 Desember, Ini Jadwalnya 

Ijab kabul di Pendopo Ambarrukmo (10/12/2022) jam 12.00 WIB

Yogyakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji mengungkap rangkaian prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Menurutnya proses mengikat janji suci putra bungsu Presiden Joko Widodo ini dimulai sejak 8 Desember hingga 10 Desember 2022.

Menurut Aji, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pasti akan diundang ke acara akad nikah tersebut. Kendati dirinya belum bisa memastikan apakah Raja Keraton Yogyakarta itu bakal jadi saksi atau tidak.

"Nanti kalau ketemu beliau saya tanyakan. Mungkin kalau tamu-tamu pejabat lebih banyak ke Solo kali ya, pas ngunduh mantu," ujarnya, Kamis (24/11/2022). 

1. Semaan quran dilakukan di rumah Erina

Prosesi Nikah Kaesang-Erina di Jogja Mulai 8 Desember, Ini Jadwalnya potret Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)

Aji mengungkap berdasarkan informasi yang diterima rangkaian prosesi diawali dengan agenda semaan quran di rumah Erina, Mlati, Sleman pada Kamis (8/12/2022). "Tanggal 8 (Desember) ada semaan quran," kata Aji, Kamis (24/11/2022).

2. Prosesi midodareni dilakukan pada H-1

Prosesi Nikah Kaesang-Erina di Jogja Mulai 8 Desember, Ini Jadwalnya potret prewedding Kaesang dan Erina Gudono (@iluminen via instagram.com/erinagudono)

Agenda berikutnya, yakni Jumat (9/12/2022) adalah pemasangan bleketepe atau anyaman daun kelapa di kediaman Erina sebagai simbol atau tanda dimulainya proses pernikahan.  Pasangan Erina-Kaesang akan menjalani prosesi midodareni di rumah calon mempelai wanita masih di hari yang sama.

"Mungkin yang paling pokok kan pada acara nikahnya, tanggal 10 Desember jam 12.00 WIB. Itu informasi yang saya terima, tapi apakah ada perubahan atau tidak," ujar Aji.

 

Baca Juga: Pendopo Kedhaton Ambarrukmo, Tempat Tinggal Pilihan Sri Sultan HB VII

3. Prosesi ijab kabul dilakukan di Pendopo Royal Ambarrukmo

Prosesi Nikah Kaesang-Erina di Jogja Mulai 8 Desember, Ini Jadwalnya Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo (instagram.com/royalambarrukmo)

Sementara Kepala KUA Kecamatan Depok M. Wiyono mengatakan pihaknya sudah menerima surat permohonan numpang nikah Erina dan Kaesang tertanggal Jumat (18/11/2022) kemarin. Namun Kaesang-Erina hingga Senin (21/11/2022) tak kunjung melakukan pendaftaran pernikahan.

Tertera di surat permohonan numpang nikah itu, lokasi akad nikah akan bertempat di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Sabtu (10/12/2022) pukul 13.00 WIB.

Wiyono menyebut KUA Depok telah menerima berkas persyaratan nikah dari keduanya. Meskipun masih ada yang perlu dikonfirmasi terkait data di dokumen persyaratan yang rencananya akan dilakukan akhir November 2022.

Baca Juga: Kaesang-Erina Siapkan 53 Bridesmaid Box dari UMKM Sleman, Apa Isinya?

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya