Update Sisa Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Daop 6 Yogyakarta

Sebanyak 47 persen tiket KA angkutan lebaran sudah terjual

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta telah menjual tiket angkutan lebaran sebanyak 155.553 tiket pada periode 12 April--3 Mei 2023. Dengan jumlah tersebut, setidaknya 47 persen tiket yang tersedia (333.576 tiket) sudah terjual.

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Franoto Wibowo mengatakan jumlah tersebut tentu masih akan terus bertambah, karena penjualan masih berlangsung.

"Daop 6 berharap berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," ujar Franoto, Selasa (28/3/2023).

1. Rute favorit mudik lebaran

Update Sisa Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Daop 6 YogyakartaIlustrasi kereta api. (IDN Times/Galih Persiana)

Franoto mengatakan untuk tanggal-tanggal favorit keberangkatan KA dari stasiun wilayah Daop 6 yaitu pada tanggal keberangkatan setelah Lebaran seperti 25 April 2023 terjual 93 persen, tanggal 26 April 2023 terjual 91 persen, dan 1 Mei 2023 terjual 94 persen.

"Relasi atau rute favorit sejauh ini yaitu Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta- Bandung, Yogyakarta-Surabaya, Solo-Jakarta, Solo-Bandung, Yogyakarta-Semarang, Yogyakarta-Malang dan lainnya," ungkap Franoto.

Kemudian untuk puncak kedatangan atau arus mudik Angkutan Lebaran dengan kereta api, Franoto memperkirakan akan terjadi pada H-2 Lebaran atau tanggal 20 April 2023.

2. Berbagai persiapan KAI Daop 6

Update Sisa Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Daop 6 YogyakartaIlustrasi penumpang kereta api. (dok KAI)

Guna memperlancar perjalanan KA pada masa Angkutan lebaran 2023 ini, berbagai persiapan telah dilakukan Daop 6 Yogyakarta seperti melakukan ramp check untuk memastikan Standar Pelayanan Minimum (SPM) tercapai, memastikan keandalan prasarana dan sarana, serta mempersiapkan SDM.

Daop 6 juga memberikan tambahan fasilitas Face Recognition pada Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan agar proses boarding semakin cepat dan praktis sehingga menghindarkan dari antrean panjang.

"Daop 6 berharap penumpang KA di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan memanfaatkan fasilitas Face Recognition tersebut karena pendaftaran maupun penggunaannya sangat mudah dan cepat," ujar Franoto.

Baca Juga: Ini Info Angkutan Motor Gratis dengan Kereta Api saat Mudik

3. Masyarakat diimbau merencanakan perjalanan dengan baik

Update Sisa Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Daop 6 YogyakartaIlustrasi seorang calon penumpang memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access. (ANTARA FOTO/Seno)

Franoto juga berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dan memanfaatkan waktu dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih tersedia. Ia juga mengatakan bahwa Daop 6 masih menggunakan syarat perjalanan sesuai Surat Edaran dari Kemenkes No. HK.02.02/II/3984/2022 serta SE Kemenhub No 84 tahun 2022. Di antaranya, menegaskan bahwa pelanggan dengan Usia 18 tahun ke atas wajib sudah vaksin ketiga (booster), apabila tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

"Kami terus mengimbau kepada pelanggan untuk selalu mematuhi persyaratan pelanggan, di antaranya kondisi tubuh sehat, menggunakan masker dengan baik dan benar kemudian vaksin," tutupnya.

Baca Juga: 5 Cara Berburu Tiket Kereta Api Jelang Mudik Lebaran  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya