Comscore Tracker

Tiga Jenazah Wisatawan Hilang di Pantai Gua Cemara Akhirnya Ditemukan

Satu orang masih hilang

Bantul, IDN Times - ‎Tim SAR gabungan kembali menemukan tiga jenazah wisatawan yang dinyatakan tenggelam dan hilang di Pantai Gua Cemara, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta sejak 6 Agustus 2020 lalu.

Sebelumnya pada Jumat malam (7/8/2020), seorang korban yang hilang telah ditemukan di Pantai Pandansimo, Kecamatan Srandakan atau sekitar 2 kilometer arah barat Pantai Gua Cemara. 

Dengan tambahan tiga jenazah yang ditemukan pada Sabtu (8/8/2020), maka tersisa satu korban hilang yang hingga kini masih dalam proses pencarian.

Baca Juga: Terjerat Jaring, Satu Korban Tenggelam di Pantai Gua Cemara Ditemukan

1. Korban pertama ditemukan di timur Pantai Kuwaru

Tiga Jenazah Wisatawan Hilang di Pantai Gua Cemara Akhirnya DitemukanEvakuasi jenazah wisatawan yang tenggelam dan hilang di Pantai Gua Cemara. IDN Times/Humas Kantor Basarnas Yogyakarta

Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso mengatakan seorang korban yang hilang ditemukan di timur Pantai Kuwaru dalam kondisi meninggal dunia pada hari ketiga pencarian atau Sabtu, sekitar pukul 08.45 WIB.

‎"Korban selanjutnya dievakuasi menggunakan ATV menuju posko operasi SAR kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk proses identifikasi oleh DVI Polda DIY," katanya, Sabtu (8/8/2020).

2. Korban kedua dan ketiga ditemukan di Pantai Congot dan di timur Pantai Kuwaru

Tiga Jenazah Wisatawan Hilang di Pantai Gua Cemara Akhirnya DitemukanEvakuasi jenazah wisatawan yang tenggelam dan hilang di Pantai Gua Cemara. IDN Times/Humas Kantor Basarnas Yogyakarta

Selang sekitar satu jam yakni pada pukul 09.45 WIB, tim SAR gabungan yang melakukan pencarian di laut dengan perahu jukung menemukan seorang korban lagi tepatnya di Pantai Congot, Kulon Progo. Lokasi penemuan korban sekitar delapan kilometer arah barat Pantai Gua Cemara.

"Kemudian jenazah korban dievakuasi dan langsung dibawa dengan mobil ambulans menuju Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY untuk identifikasi oleh DVI Polda DIY," ungkapnya.

Selanjutnya sekitar pukul 11.15, tim SAR gabungan kembali menemukan satu korban lagi di timur Pantai Kuwaru atau sekitar dua kilometer dari arah barat Pantai Gua Cemara.

"Penemuan korban tenggelam ketiga ini berawal adanya informasi dari pemancing adanya benda yang mengapung di laut dan diduga merupakan korban yang tenggelam dan hilang di Pantai Gua Cemara," katanya.

Tim SAR gabungan mendatangi lokasi kemudian mengevakuasi jenazah menuju posko SAR gabungan di Pantai Gua Cemara.

"Jenazah langsung dibawa mobil ambulans menuju RS Bhayangkara Polda DIY untuk dilakukan identifikasi oleh tim DVI Polda DIY," terangnya.

3. Ini nama tiga korban yang ditemukan pada hari ketiga pencarian‎

Tiga Jenazah Wisatawan Hilang di Pantai Gua Cemara Akhirnya DitemukanLokasi korban terseret gelombang dan hilang di Pantai Gua Cemara Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Informasi dari Tim DVI Polda DIY, korban yang ditemukan pada pukul 08.45 WIB di timur Pantai Kuwaru adalah Muhammad Riski Romadhon (7). Korban kedua yang ditemukan pada pukul 09.45 WIB di Pantai Congot, Kulon Progo adalah Joko Widodo (30) dan korban ketiga yang ditemukan pada pukul 11.15 WIB di timur Pantai Kuwaru adalah Zidan Abrori.

"Dengan ditemukannya empat korban tenggelam dan hilang di Pantai Gua Cemara maka tim sar gabungan masih mencari satu korban yang masih hilang yakni Akhmad Choirul (4) yang merupakan anak dari korban Joko Widodo," ungkapnya.

4. Satu orang masih hilang

Tiga Jenazah Wisatawan Hilang di Pantai Gua Cemara Akhirnya DitemukanPencarian korban laka laut Pantai Gua Cemara Bantul melalui darat dengan penyisiran pantai. IDN Times/Istimewa

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 7 wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gua Cemara pada Kamis (6/8/2020) mengalami laka laut akibat terseret ombak. Dua korban berhasil dievakuasi ke darat namun keduanya meninggal dalam perjalanan menuju Puskesmas Sanden.

Dua korban yang meninggal adalah Ulli Nur Rahmi (28) istri dari Joko Widodo yang juga ditemukan meninggal dunia dan Ahmad Nur Fauzi (30) yang merupakan kakak kandung dari Ulli Nur Rahmi.

Sedangkan pada Jumat malam (7/8/2020), sekitar pukul 19.10 WIB tim SAR menemukan seorang korban wisatawan yang tenggelam yaitu Muhammad Fazir Zakir Alfarizi (8). Korban ditemukan di Pantai Pandansimo tersangkut jaring eret milik nelayan. Fazir Zakir sendiri diketahui merupakan anak sulung dari korban Ulli Nur Rahmi dan Joko Widodo.‎

Baca Juga: 2 Wisatawan Tewas dan 5 Hilang Tergulung Ombak di Pantai Cemara  

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya