Comscore Tracker

Mengenal Vision Board, Cara Kreatif Realisasikan Mimpimu

Bikin ga takut bermimpi besar

Setiap orang pasti memiliki impian tertentu, baik yang dikatakan maupun yang tak terkatakan. Ingin punya rumah impian, bisa liburan ke luar negeri, ingin mencapai level pekerjaan tertentu, dan sederet impian yang lain.

Namun terkadang rasanya terlalu jauh untuk mencapai titik tersebut. Padahal bila kita bisa membayangkannya dengan lebih detail pasti impian itu terasa lebih dekat.

Nah, kali ini kita berkenalan yuk dengan sebuah metode yang bernama vision board atau papan visi. Buat impianmu tidak hanya sekadar angan-angan namun benar-benar menjadi kenyataan. Let's dig in!

1. Apa itu vision board?

Mengenal Vision Board, Cara Kreatif Realisasikan Mimpimuilustrasi bikin vision board (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seperti julukannya, vision board adalah sebuah papan yang berisi visualisasi tujuan dan impianmu dalam bentuk gambar ataupun foto. Impian tersebut bisa dikategorikan dalam beberapa bentuk seperti dreams dalam relationship, karier, keuangan, liburan, pengembangan diri, dan kesehatan.

Tujuan vision board tidak hanya membuat kita termotivasi. Tetapi lebih lanjut untuk mendorong kita ke suatu aksi karena sebuah mimpi yang besar dibangun melalui tindakan kecil dan sederhana. Semakin sering membayangkannya, semakin terasa nyata dan bisa digapai.

2. Cara membuatnya sangat mudah dan menyenangkan!

Mengenal Vision Board, Cara Kreatif Realisasikan Mimpimuilustrasi membuat vision board (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk membuatnya kamu cukup siapkan sebuah papan berukuran A3, kumpulan visualisasi gambar dan foto, perekat/lem, dan aksesori untuk hiasan. Selanjutnya kamu tinggal tempel-tempelkan gambar tersebut di papan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Luangkan waktu khusus untuk membuat vision board ini. Selama proses membuatnya kamu bisa sambil menghayati dan memvisualisasikan dalam pikiran saat impianmu ini terjadi. Nah, selain menggunakan papan, kamu juga bisa membuat versi digitalnya di smartphone dengan menggunakan aplikasi untuk kolase fotoMudah, kan?

Baca Juga: 5 Sisi Positif Merantau Jauh dari Orangtua, Tempa Kemandirian

3. Vision board bikin mimpimu lebih jelas dan terukur

Mengenal Vision Board, Cara Kreatif Realisasikan Mimpimuilustrasi mencapai mimpi (unsplash.com/Ian Schneider)

Kadang kita merasa mimpi kita terlalu tinggi hingga kita tidak berani memimpikannya. Bahkan membayangkannya pun rasanya tidak mampu. Dengan vision board ini, kita bisa memvisualisasikannya dan membuatnya lebih terukur dan terasa lebih dekat.

Ketika kamu bisa membuatnya lebih jelas, maka mimpi itu terasa lebih nyata dan dapai dicapai. Tidak peduli seberapa besar keraguanmu saat ini, papan visi pelan-pelan bisa membantumu untuk membangkitkan kepercayaan diri, semangat, dan semakin termotivasi mencapai impianmu.

4. Agar lebih efektif, letakkan di tempat yang sering kamu lihat

Mengenal Vision Board, Cara Kreatif Realisasikan Mimpimuilustrasi smartphone (pexels.com/Luis Quintero)

Vision board bukan hanya sekadar papan biasa yang berisi kumpulan gambar. Saat kamu meletakkannya di tempat yang terlihat, kamu akan lebih sering melihatnya dan memvisualisasikannya dalam pikiran walaupun hanya dalam waktu singkat.

Dilansir T-Science, otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada tulisan. Oleh karena itu dengan melatih visualisasi setiap hari maka secara alami kita akan ada dorongan yang lebih untuk mencapai tujuan. 

Di zaman yang serba digital ini pasti banyak waktu kita habiskan di smartphone. Maka dari itu tidak ada salahnya memasang papan visi di wallpaper ponsel. Pasti semakin sering melihatnya!

5. Vision board berfungsi maksimal bila diimbangi dengan tindakan

Mengenal Vision Board, Cara Kreatif Realisasikan Mimpimuilustrasi bekerja (pexels.com/Christina Morillo)

Tidak ada mimpi yang tercapai kalau tidak ada usaha. Vision board berhasil atau tidak tergantung di diri kita masing-masing. Setelah kita membuat papan visi, maka yang harus kita lakukan adalah membuat aksi-aksi kecil yang berdampak ke mimpi kita.

Misalnya kita punya impian untuk keliling dunia. Maka hal sederhana yang perlu kita siapkan sejak awal adalah meriset destinasi-destinasi yang akan dikunjungi, mulai belajar bahasa asing, menabung, dan lain sebagainya. 

Agar impianmu menjadi nyata butuh proses yang panjang. Jadi jangan mudah menyerah ketika menemui rintangan. Semangat berjuang menggapai mimpi! 

Baca Juga: 5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty Terpancar

Stephanie Priyanka Photo Community Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Having a balance life through writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya