Comscore Tracker

5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarang

Kebiasaan kecil ini akan berdampak besar di masa mendatang

Setiap orang rasanya pasti ingin membentuk kebiasaan baik minimal satu saja setiap hari. Sayangnya membentuk kebiasaan baik gak semudah membalikkan telapak tangan, ya. Dalam usahanya, ada saja distraksi yang membuat kita jadi mudah kehilangan motivasi.

Padahal, dalam menjalani hidup, baik buruknya kehidupan yang kita jalani itu tergantung kebiasaan. Yang pada akhirnya, kebiasaan baik harus diutamakan dan kebiasaan buruk harus ditinggalkan. Tujuannya agar hidup kita lebih positif dan baik.

Lantas apa saja sih kebiasaan baik yang penting untuk mulai dibangun dari sekarang? Nah, daripada penasaran, langsung saja cek daftarnya di bawah, ya!

1. Baca atau dengarkan sesuatu yang akan membuat kamu maju

5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarangilustrasi pria dan wanita menatap laptop (Unsplash.com/ Mimi Thian)

Sering kali kita menyalahartikan bahwa kemajuan hanya tentang pencapaian yang besar. Itulah sebabnya, ketika mengalami kegagalan, kita jadi gampang putus asa. Padahal dengan membentuk kebiasaan baik setiap harinya, ini juga termasuk kemajuan.

Misalnya di sela-sela aktivitas, kamu meluangkan  waktu untuk membaca atau mendengarkan sesuatu yang menginspirasi. Entah melalui blog, konten YouYube, atau mungkin podcast TED. Walaupun sederhana, membangun kebiasaan baik ini  sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan membuka perspektif baru, lho.

Mungkin  jika awalnya jika kamu menganggap masa sulit adalah beban. Namun, setelah mendengar kisah inspiratif orang lain, kamu jadi tahu bahwa masa sulit ada hikmahnya. Salah satunya membuat mental kamu lebih kuat.

 2. Belajar dari orang yang kamu kagumi

5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarangilustrasi mengikuti seminar (Unsplash.com/ Austin Distel)

Dalam hidup ini pasti ada satu atau dua orang yang membuat kamu kagum, kan? Entah karena kepribadiannya yang sangat down to earth, perjuangan hidupnya yang gak gampang menyerah, dan sebagainya. Belajar dari orang yang kamu kagumi, juga menjadi kebiasaan baik yang perlu kamu bangun.

Dengan menjadikan mereka panutan, pastinya hidup kamu juga akan lebih terarah. Sebab, kamu jadi tahu apa yang ingin kamu capai dan bagaimana cara mewujudkan. Kalau pun gak jadi seperti mereka, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari.

Mungkin, belajar tentang bagaimana cara mereka bangkit dari keterpurukan, mengelola emosi dengan baik, dan sebagainya. Yang mana ini akan membantu kamu memunculkan berbagai perspektif baru. Sehingga dari situ kamu jadi lebih berpikiran terbuka dan mengenali potensi yang sebelumnya tersembunyi.

Baca Juga: 5 Cara agar Kepedihan Hidup Gak Menutup Jalan Kebahagiaan

 3. Tulis tiga hal yang kamu syukuri setiap pagi

5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarangilustrasi seorang wanita refleksi diri (Unsplash.com/ Ben White)

Dalam menjalani hidup ini sering kali kita juga harus menghadapi berbagai rintangan. Oleh karenanya, kita jadi lebih fokus pada kelemahan atau masalah diri, sehingga jadi sulit untuk bersyukur. Padahal, ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita syukuri setiap harinya.

Misalnya ketika kita masih punya teman baik untuk bercerita, makanan untuk dimakan, atau juga rumah untuk berteduh. Ini merupakan rezeki yang gak ternilai dari Tuhan. Terlebih lagi, di luar sana masih banyak orang yang mungkin  kurang beruntung dibanding kita, namun mereka bisa bersyukur.

Jadi ingatlah hal-hal tersebut saat kamu merasa kurang beruntung, ya. Kalau memang terasa sulit, coba untuk menulis minimal tiga saja hal-hal yang bisa disyukuri setiap pagi. Ini juga merupakan kebiasaan baik yang perlu dibangun.

 4. Berolahraga minimal dua kali seminggu

5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarangilustrasi pria berolahraga (Unsplash.com/ Alora Griffiths)

Klise, namun rutin berolahraga  menjadi kebiasaan baik yang perlu mulai dibangun mulai sekarang. Meskipun cukup sulit dilakukan, kegiatan ini memberikan efek positif bagi tubuh secara keseluruhan. Mulai dari  melatih otot-otot, membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lebih lancar, dan sebagainya.

Jadi,  mulailah membiasakan olahraga dari sekarang, ya. Ini juga sebagai bentuk antisipasi pencegahan dari timbulnya beberapa penyakit berbahaya bagi tubuh. Namun, kalau kamu masih kesulitan membiasakan olahraga setiap hari, setidaknya kamu bisa melakukannya beberapa kali saja dalam satu minggu.

 5. Tulis dan tinjau target kamu setiap hari

5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarangilustrasi seorang pria optimis (Unsplash.com/ Štefan Štefančík)

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pastinya kamu pernah membuat target atau tujuan tertentu, kan. Bukan berlebihan, target itu ibaratnya sebuah kompas yang bisa membuat hidup kamu lebih terarah. Di lain sisi ini juga bisa membantu kamu untuk meminimalisir dari melakukan sesuatu yang sia-sia.

Lagipula, membuat target juga gak perlu muluk-muluk yang penting realistis. Toh sekecil apa pun target itu, namun jika dilakukan dengan konsisten pasti akan memberikan hasil yang baik. Berbeda jika kamu sebenarnya punya potensi, namun malah terperangkap dalam zona nyaman, pastinya sangat disayangkan.

Dengan menulis target tersebut, maka akan membantu kamu untuk lebih berkembang. Sebab, kamu juga akan tergerak untuk mencoba  hal-hal baru. Sehingga, gak akan terjebak pada zona nyaman.

Dan pada akhirnya, membangun kebiasaan baik itu membutuhkan ketulusan. Tanpa ada ketulusan, semuanya akan terasa sangat berat dan membebankan. Jadi, apa pun yang kamu lakukan, pastikan itu berawal dari hati dan ketulusan kamu, ya. 

Baca Juga: 8 Cara Menerapkan Stoikisme agar Hidup Lebih Bahagia

Aprilia Nurul Aini Photo Community Writer Aprilia Nurul Aini

Just be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya