Comscore Tracker

5 Sisi Positif Merantau Jauh dari Orangtua, Tempa Kemandirian

Kamu belajar bertanggung jawab atas dirimu sendiri

Berpisah jauh dari orangtua sejatinya tidak menyenangkan, karena ada kerinduan yang mesti ditahan ketika berjauhan. Namun di balik itu sebenarnya ada banyak sisi positif dari merantau yang dapat mengajarkanmu tentang hidup di usia muda. 

Saat merantau jauh dari orangtua kemandirianmu ditempa kuat, kemampuan sosial dan bertahan hidup juga dilatih dengan sendirinya. Kalau mau tahu lebih jelasnya, berikut ini beberapa sisi positif merantau jauh dari orangtua. Simak baik-baik, ya! 

1. Belajar mengurus diri sendiri dengan baik

5 Sisi Positif Merantau Jauh dari Orangtua, Tempa Kemandirianilustrasi membersihkan rumah (pexels.com/RODNAE Productions)

Sisi positifnya yang pertama kalau kamu merantau jauh dari orangtua ialah kamu akan belajar mengurus diri sendiri dengan baik. Karena ketika tinggal sendirian, tentu mau tak mau kamu harus belajar mengurus sendiri. 

Mulai dari memasak, mencuci pakaian, hingga mengurus kebersihan tempat tinggal dan kebutuhan hidup lainnya. Karena detik ketika kamu memutuskan untuk merantau maka di saat itu juga kamu harus meninggalkan sifat manja yang ada dalam dirimu. 

2. Jadi tahu cara mengatur waktu

5 Sisi Positif Merantau Jauh dari Orangtua, Tempa Kemandirianilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Sisi positif lainnya kalau merantau jauh dari orangtua ialah kamu jadi tahu cara mengatur waktu. Yang mana ketika menjalani hidup sendirian, kamu pun juga harus mampu mengatur waktu dengan baik agar semua kegiatan dapat terlaksana. 

Tidak bisa bergantung dengan orangtua untuk mengingatkanmu tentang jadwal harian, pokoknya kamu hanya bisa bergantung pada diri sendiri untuk mengatur semuanya. Kapan harus mengurus rumah, belanja kebutuhan sehari-hari, mengerjakan tugas atau pekerjaan, juga waktu untuk tidur dan bangun setiap harinya. 

Baca Juga: 5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty Terpancar

3. Beratnya hidup sendiri membuatmu jadi lebih bijak dalam keuangan

5 Sisi Positif Merantau Jauh dari Orangtua, Tempa Kemandirianilustrasi atur uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Merantau itu tidak diperuntukkan untuk yang memiliki mental lemah, karena sesungguhnya hidup sendiri jauh dari orangtua itu berat. Kamu harus sanggup bertahan sendirian, termasuk dalam memenuhi semua kebutuhan sendiri. 

Dan karena berat itulah kamu akan sadar dengan sendirinya untuk bijak dalam mengelola keuangan. Menghargai setiap makanan dan uang yang dimiliki untuk bertahan hidup, belajar bersyukur dan mengatur finansial dengan tepat. 

4. Mempelajari social skill untuk adaptasi di tempat baru

5 Sisi Positif Merantau Jauh dari Orangtua, Tempa Kemandirianilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Sisi positifnya yang keempat kalau merantau jauh dari orangtua ialah kamu jadi belajar banyak tentang social skill. Mulai dari bagaimana berkenalan dengan orang baru, berbaur di lingkungan sekitar, membangun relasi, dan menjaga hubungan sosial dengan orang lain. 

Karena ketika hidup sendirian di tempat asing, mau tak mau kamu harus belajar menyesuaikan diri dengan sekitar. Makanya biasanya orang yang merantau itu rata-rata jadi punya banyak teman dan tahu cara bersosialisasi dengan berbagai macam orang. 

5. Sadar betapa berharganya momen bersama keluarga dan orang terdekat

5 Sisi Positif Merantau Jauh dari Orangtua, Tempa Kemandirianilustrasi keluarga (pexels.com/Nicole Michalou)

Sisi positif yang terakhir, merantau nyatanya baik untuk membuatmu menghargai kehangatan keluarga. Yang mana ketika sendirian kamu baru sadar kalau keberadaan keluarga dan orang terdekat rupanya sangat berarti dan berharga dalam hidup. 

Karena meskipun rindu tapi tak bisa bertemu karena sedang merantau, sehingga arti keluarga jadi lebih bermakna ketika jauh. Dampaknya tentu saja jadi lebih sayang keluarga dan menghargai orangtua dengan lebih baik dari sebelumnya. 

Itulah tadi lima sisi positifnya kalau merantau jauh dari orangtua. Yang mana kamu jadi belajar banyak tentang hidup, tanggung jawab, dan betapa berharganya orang terdekatmu. 

Baca Juga: Bikin Hidup Lebih Baik, Berterima Kasihlah pada 5 Situasi Ini

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya