Comscore Tracker

5 Toko Buku di Jogja yang Masih Bertahan, Koleksinya Lengkap

Rekomendasi toko buku lengkap di Jogja yang murah

Jogja dikenal sebagai kota pelajar. Setiap tahunnya ratusan mahasiswa baru masuk ke perguruan tinggi baik negeri atau swasta di Jogja. Jadi tak perlu heran tetap ada toko buku di Jogja yang masih bertahan karena masih banyak juga peminatnya.

Meski saat ini segala informasi bisa didapat melalui internet, pun inovasi buku digital kian berkembang, eksistensi toko buku menjadi tanda kalau buku masihlah jendela dunia. Berikut ini daftar toko buku di Jogja yang masih bertahan, koleksinya lengkap!

1. Toko buku Togamas

5 Toko Buku di Jogja yang Masih Bertahan, Koleksinya LengkapToko buku Togamas (foursquare.com)

Buat pelajar dan mahasiswa, toko buku Togamas adalah penyelamat. Selain koleksinya lengkap, di toko satu ini juga sering mengadakan promo, loh. Promo yang ditawarkan biasanya berupa potongan harga antar lima sampai sepuluh persen!

Selain bisa memenuhi keperluan belanja buku, di toko buku Togamas juga ada peralatan makan sampai aksesori rambut dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa sekalian menyampul buku di sini.

Alamat:

  • Jalan Suroto Nomor 8, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jalan Affandi Nomor 5, Kaliwaru, Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka jam 09.00-21.00 WIB

Baca Juga: 8 Tempat Kursus Mengemudi di Jogja, Profesional dan Andal

2. Toko buku Social Agency

5 Toko Buku di Jogja yang Masih Bertahan, Koleksinya Lengkaptoko buku social agency (facebook.com/socialagencybaru)

Cari buku untuk anak sekolah? Atau sekadar ingin cari majalah buat hiburan? Nah, toko buku Social Agency bisa jadi jawabannya nih karena di sini terkenal serbaada sejak dulu. Apalagi saat mendekati waktu kenaikan kelas, mereka juga akan menjual buku tulis dengan harga miring.

Apalagi, toko buku Social Agency punya banyak cabang di Jogja. Yaitu di kawasan Sagan, Gamping, Depok, Jalan Parangtritis, dan Jalan Kaliurang. Sst... Toko buku Social Agency ternyata sudah ada sejak tahun 1980-an, loh!

Alamat: Jalan Godean KM.3 Nomor 1, Nogotirto, Gamping, Kwarasan, Nogotirto, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-21.00 WIB

3. Toko buku Gramedia

5 Toko Buku di Jogja yang Masih Bertahan, Koleksinya LengkapIlustrasi Toko Buku (Book Store) (IDN Times/Anata)

Ini dia nih toko buku paling lengkap untuk mencari novel, self improvement, sampai komik, apalagi kalau bukan Gramedia yang merupakan milik Kompas Gramedia Group. Di beberapa mal Jogja juga masih ada toko Gramedia sehingga kalau kamu lagi jalan-jalan, bisa banget sekalian mampir.

Selain menyediakan buku, di Gramedia juga kamu bisa membeli peralatan melukis, menggambar, bahkan Al-Qur'an modern. Cari tas sekolah juga? Tenang, di sini juga banyak modelnya, kok.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No.54-56, Kotabaru, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-21.00 WIB

4. Pasar buku Shopping

5 Toko Buku di Jogja yang Masih Bertahan, Koleksinya LengkapToko buku shopping (instagram.com/cahyo.setiaji)

Gak jauh dari Jalan Malioboro, ada pasar yang khusus menjual buku-buku, loh, namanya Pasar Buku Shopping. Masih banyak toko di sini yang setia menawarkan buku baru sampai bekas, juga yang edisi terbatas dan susah ditemukan di tempat lain.

Karena namanya juga pasar, harganya tentu murah meriah, apalagi kalau kamu jago menawar. Sayangnya, kamu perlu hati-hati karena masih sering ditemukan buku bajakan.

Alamat: Kompleks Taman Pintar, Jalan Sriwedani Nomor 1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-17.00 WIB

5. Kios buku Terban

5 Toko Buku di Jogja yang Masih Bertahan, Koleksinya LengkapKios buku Terban (instagram.com/jogja.istimewa)

Kios-kios buku di Jalan Kahar Muzakir, Terban, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta juga masih eksis sampai sekarang. Banyak buku-buku sekolah dari berbagai jenjang pendidikan bisa ditemukan di sini, termasuk buku-buku latihan soal masuk perguruan tinggi atau buku latihan ujian.

Kalau kamu mencari novel atau buku kuliah juga ada kok meski tak selengkap toko buku pada umumnya, tergantung dengan stok yang dimiliki pedagangnya. Sayangnya, di sini juga masih sering ditemukan buku bajakan.

Alamat: Jalan Kahar Muzakir, Terban, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-21.00

Selain kelima toko buku di Jogja yang masih bertahan tadi, kini juga banyak toko buku rumahan yang menjajakan buku-buku baik dari penerbit mayor sampai indie. Namun semoga yang bertahan bukan hanya toko bukunya saja, ya, tapi juga minat baca di masyarakat juga.

Baca Juga: 5 Perpustakaan di Jogja, Nyaman dan Nambah Wawasan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya